Implementation of the Case Method in Learning Mathematics to Improve the Creative Thinking Ability of Electronics Engineering Students
Abstract
Abstract Learning in class found that lecturers did not give students the opportunity to think creatively in solving math problems. Learning is still centered on the teacher so that communication is still one-way resulting in teacher dominance. The research objective resulted in the implementation of the case method in mathematics learning to improve the creative thinking skills of D4 Electronics Engineering students in solving mathematical problems. This type of research is experimental by using data collection documentation, questionnaires, observations and tests. The research was conducted in class 1B in the even semester of the 2022/2023 academic year with a total of 24 students discussing the Linear Equation System material. Data analysis used normality test, homogeneity test, completeness test, comparative test, and n-gain test. The results showed that the results of the validation of the research instrument were 4.11 in the good category. Individual completeness tests meet the minimum completeness criteria, students' creative thinking skills in case method group are higher (81.56) than expository learning (70.05). N-gain score for creative thinking test of 0.363 which is in the medium category.
Keywords case method, system of linear equations, creative thinking ability.
Abstrak: Pembelajaran di kelas ditemukan bahwa dosen kurang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berfikir kreatif dalam memecahkan soal matematika. Pembelajaran masih berpusat pada pengajar (Teacher Center) sehingga komunikasi masih satu arah mengakibatkan dominasi pengajar. Tujuan penelitian menghasilkan implementasi metode kasus dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa D4 Teknik Elektronika dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pengumpulan data dokumentasi, angket, observasi dan tes. Penelitian dilakukan di kelas 1B semester genap Tahun Akademik 2022/2023 sejumlah 24 mahasiswa bahasan materi Sistem Persamaan Linear. Analisis data menggunakan Uji Normalitas, Homogenitas, Uji Ketuntasan, Uji Banding, dan Uji N Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi perangkat instrument penelitian skor 4,11 dengan kategori baik. Uji ketuntasan Individu sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (66), kemampuan berfikir kreatif mahasiswa pada metode kasus dalam pembelajaran matematika (81,56) lebih tinggi dari pembelajaran ekspositori (70,05), adanya peningkatan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa dengan dilakukan uji N-Gain sebesar 0,363 dengan kategori sedang.
Kata kunci metode kasus, sistem persamaan linear, kemampuan berfikir kreatif.
Full Text:
PDFReferences
Adi Candra Kusuma. 2020. “Peningkatan Keterampilan Membuat Alat Peraga Matematika Pada Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Peradaban.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(4):715–22. doi: 10.31849/dinamisia.v4i4.4128.
Andayani, Endah, Rita Indah Mustikowati, and Supami Wahyu. 2022. “Case Method : Mengoptimalkan Critical Thinking , Creativity Communication Skills Dan Collaboratively Mahasiswa Sesuai MBKM Di Era Abad 21.” 16(1):52–60.
Auliah, Lailatul, Syaiful Syaiful, and Syamsurizal Syamsurizal. 2020. “Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Jurnal Pendidikan Matematika 11(1):13. doi: 10.36709/jpm.v11i1.9885.
Belakang, A. Latar. 2006. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Problem Based Learning.” 4:102–14.
Febrianti, Yeyen, Yulia Djahir, and Siti Fatimah. 2016. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang.” Jurnal Profit 3(1):121–27.
Harahap, Eddy Pahar, and Hilman Yusra. 2022. “Implementasi Pembelajaran Case Method Melalui Observasi-Investigasi Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Dialogika Di Forum Kelas.” Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) 4(1):26–34.
Jazuli, A. 2009. “Berpikir Kreatif Dalam Kemampuan Komunikasi Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 209–20.
Kusuma, Adi Candra, and Ida Afriliana. 2018. “Efektifitas Pembelajaran Guided Teaching Dengan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Mahasiswa.” Desimal: Jurnal Matematika 1(3):315–27. doi: 10.24042/djm.v1i3.2962.
KUSUMA, ADI CANDRA, and DWI SETIA MUJIONO. 2019. “Efektifitas Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Glasser 3(2):148. doi: 10.32529/glasser.v3i2.332.
luthfiyah Nurlaela; Euis Ismayati. 2015. “2018-09-27_Strategi Belajar Berpikir Kreatif.Pdf.” 1–85.
Noer, Sri Hastuti. 2011. “Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Pembelajaran Matematika Berbsis Masalah.” Jurnal Pendidikan Matematika 5(1):100.
Rasnawati, Ai, Windi Rahmawati, Padillah Akbar, and Harry Dwi Putra. 2019. “Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):164–77. doi: 10.31004/cendekia.v3i1.87.
Safitri, Prahesti Tirta, and Kus Andini Purbaningrum. 2020. “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kasus (Case Based) Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Volume 13:256–67.
Sari, Dwi Septiana, and Mastarita Nova Wulanda. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa.” Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 6(1):20. doi: 10.30738/natural.v6i1.4073.
Taufiq, M., Universitas Almuslim, Case Method, Zoom Meeting, Pemahaman Konsep, I. Pendahuluan, and M. Taufiq. 2022. “PEMBELAJARAN BERBASIS CASE METHOD MELALUI APLIKASI ZOOM MEETING TERHADAP PEMAHAMAN.” 3(1).
Uloli, Ritin, Probowo, and Tjipto Prastowo. 2016. “Kajian Konseptual Proses Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah.” Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 644–47.
Vahlepi, Sahrizal, and Friscilla Wulan Tersta. 2021. “Implementasi Model Pembelaaran Berbasis Case Method Dan Project Based Learning Dalam Rangka Mengakomodir Higher Order Thinking Skill Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab Di Masa Pandemi.” 5:10153–59.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.