Creativity in Project Based Learning A Systematic Literature Study (2015-2021)
Abstract
Abstract Character education has always been the focus of attention in the world of education in Indonesia. Creativity as an important form of character must really be measured with the right assessment instrument. Project Based Learning is a learning model that is able to explore the creativity of students. In this paper, a meta-review is conducted on the instruments for assessing student creativity in project-based learning on studies published in journals indexed by the Scopus database in 2011-2021. The results of this study show that the assessment of students' creativity in project-based learning by utilizing local wisdom has been widely carried out but has not found an assessment that focuses on all dimensions of creativity. In each PjBL syntax an assessment can be made, by adjusting the syntax to the creativity dimension which includes the dimensions of press, process, person, and product, but based on the results of the review there are no articles related to the implementation of PjBL based on local wisdom on the assessment of students' creativity, so the learning assessment only focuses on in the final condition does not include the learning process.
Keywords project based learning, creativity, systematic literature study.
Abstrak Pendidikan karakter selalu menjadi fokus perhatian dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kreatif sebagai salah satu bentuk karakter yang penting harus benar-benar diukur dengan instrumen penilaian yang tepat. Pembelajaran Project Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu mengeksploarsi kreativitas peserta didik. Pada tulisan ini, dilakukan meta-review terhadap instrumen-instrumen penilaian kreativitas peserta didik pada pembelajaran berbasis proyek terhadap kajian yang terpublikasi pada jurnal terindeks oleh database Scopus tahun 2011-2021. Hasil kajian ini diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa penilaian terhadap kreativitas peserta didik pada pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan kearifan lokal sudah banyak dilakukan namun belum ditemukan penilaian yang berfokus pada seluruh dimensi kreativitas. Pada setiap sintaks PjBL dapat dilakukan penilaian, dengan menyesuaikan sintaks terhadap dimensi kreativitas yang meliputi dimensi press, proses, person, dan produk, namun berdasarkan hasil review belum ada artikel terkait implementasi PjBL berbasis kerarifan lokal terhadap penilaian kreativitas peserta didik, sehingga penilaian pembelajaran hanya fokus pada kondisi akhir tidak termasuk proses pembelajaran.
Kata kunci pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, studi tinjauan literatur.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, N. P. (2021). Pengembangan Komik Edukasi Kimia “KEMBAR” Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(2), 99-107.
Astuti, R. (2015). Meningkatkan kreativitas siswa dalam pengolahan limbah menjadi trash fashion melalui PjBL. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 37-41.
Boden, M. A. (1996). Creativity. In Artificial intelligence (pp. 267-291). Academic Press.
Brata, I. B. (2016). Kearifan budaya lokal perekat identitas bangsa. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 5(1).
Briner, R. B., & Denyer, D. (2012). Systematic review and evidence synthesis as a practice and scholarship tool. Handbook of evidence-based management: Companies, classrooms and research, 112-129.
Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15-22.
Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO- DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130.
Fatimah, M. N. (2021). ANALISIS KELAYAKAN LKS MODEL PjBL BERORIENTASI STEAM UNTUK MEMBANGUN KREATIVITAS SISWA SMA PADA PENENTUAN TRAYEK pH INDIKATOR ASAM BASA BERBAHAN UMBI-UMBIAN (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Fatma, H. (2021). KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI DENGAN PJBL BERBASIS STEAM. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 7-14.
Garg, A. X., Hackam, D., & Tonelli, M. (2008). Systematic review and meta-analysis: when one study is just not enough. Clinical Journal of the American Society of Nephrology, 3(1), 253-260.
Harefa, N., Silalahi, N. F. D., Sormin, E., Purba, L. S. L., & Sumiyati, S. (2019). The difference of students’ learning outcomes with project based learning using handout and sway Microsoft 365. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 24-30.
Hidayati, N., & Siswanto, J. (2020). Profil Berpikir Kreatif Melalui Project Based Learning Bermuatan ESD pada Konsep Sel Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 1-5.
Imansari, M., Sudarmin, S., & Sumarni, W. (2018). Analisis literasi kimia peserta didik melalui pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21.
Karmadi, A. D. (2007). Budaya lokal sebagai warisan budaya dan upaya pelestariannya. Makalah disampaikan pada Dialog Budaya Daerah Jawa Tengah. Semarang: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah.
Kemdikbud. (2021). Program Studi Pendidikan Kimia. https://pddikti.kemdikbud.go.id/prodi (diakses pada 18 Oktober 2021 Pukul 15.38 WIB)
Khery, Y., Indah, D. R., Aini, M., & Nufida, B. A. (2020). Urgensi Pengembangan Pembelajaran Kimia Berbasis Kearifan Lokal dan Kepariwisataan untuk Menumbuhkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 460-474.
Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2).
Khotimah, H., & Suhirman, R. (2020, June). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreatifitas Berpikir dan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Gerung Tahun 2018/2019. In SPIN (Vol. 2, No. 1, pp. 13-26).
Kitchenham, B. (2004). Procedures for performing systematic reviews. Keele, UK, Keele University, 33(2004), 1-26.
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241-251.
Lutfi, L., Azis, A. A., & Ismail, I. (2018, October). Pengaruh project based learning terintegrasi stem terhadap literasi sains, kreativitas dan hasil belajar peserta didik. In Seminar Nasional Biologi.
Minanlarat, B., Purba, L. S. L., & Azzahra, S. F. (2021). Improving chemical learning outcomes with explicit instruction learning models with quizizz evaluation media. Jurnal Pendidikan Kimia, 13(2), 94-102.
Minarni, E. W., Utami, D. S., & Prihatiningsih, N. (2017). Pemberdayaan kelompok wanita tani melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan budidaya sayuran organik dataran rendah berbasis kearifan lokal dan berkelanjutan. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 147-154.
Nadlir, N. (2016). Urgensi pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299-330.
Nurdiansah, N., Kartadinata, S., Maryani, E., & Supriatna, N. (2021, March). Collaboration learning: project-based learning and local wisdom. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 683, No. 1, p. 012040). IOP Publishing.
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal pendidikan kimia, 4(1), 89-96.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuankerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Rana, W. M., Kurniawati, M., & Sundaygara, C. (2021). Pengaruh Model PjBL Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Secara Daring Pada Materi Hukum Newton. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 1(4).
Retnowati, R., Istiana, R., & Nadiroh, N. (2020). Developing Project-Based Learning Related to Local Wisdom in Improving Students’ Problem-Solving Skills. Journal of Education, Teaching and Learning, 5(1), 137-144.
Riza, M., Firmansyah, R. A., Zammi, M., & Djuniadi, D. (2020). Pengembangan modul kimia berbasis kearifan lokal Kota Semarang pada materi larutan asam dan basa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 25-38.
Rosid, M. (2019). ANALISIS KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA: Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING. Jurnal pembelajaran Fisika, 8(3), 195-201.
Samekto, C., & Winata, E. S. (2010, June). Potensi sumber daya air di Indonesia.In Seminar Nasional: Aplikasi Teknologi Penyediaan Air Bersih untuk Kabupaten/Kota di Indonesia (pp. 1-20).
Sari, W. P., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 751- 757.
Setiawati, S. (2019, December). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Kepulauan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA pada Materi Pokok Sistem Koloid. In PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros (Vol. 1, pp. 110-120).
Minarni, E. W., Utami, D. S., & Prihatiningsih, N. (2017). Pemberdayaan kelompok wanita tani melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan budidaya sayuran organik dataran rendah berbasis kearifan lokal dan berkelanjutan. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 147-154.
Sukmawijaya, Y., Suhendar, S., & Juhanda, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 28-43.
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., Sahidu, H., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Peserta Didik.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256-1268.
Widyasari, F. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan Model PJBL dan PBL Berdasarkan Representasi Tetrahedral Kimia terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Siswa.
Widyasari, F., Indriyati, N. Y., & Mulyani, S. (2018). Pengaruh pembelajaran kimia dengan model pjbl dan pbl berdasarkan representasi tetrahedral kimia ditinjau dari kreativitas siswa. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 3(2), 93-102.
Winarti, Y., Indriyanti, D. R., & Rahayu, E. S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Ekologi Kurikulum 2013 Bermuatan SETS melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Lembaran Ilmu Kependidikan, 44(1).
Wiratma, I. G. L. (2015). Pengelolaan laboratorium kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja:(Acuan pengembangan model panduan pengelolaan laboratorium kimia berbasis kearifan lokal tri sakti). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2).
Yunanto, S. J. (2004). Sumber belajar anak cerdas. Grasindo
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.