The Effect of Jigsaw Learning Strategies on the Metacognition of Tenth Grade Students on Fungi Material A Case of MA Baitussalam
Abstract
Keywords cooperative learning, jigsaw, metacognition.
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh strategi belajar Jigsaw pada perkembangan metakogni Murid. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner pada murid terhadap kedua kelas yaitu kontrol dan ekperimen. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 56 Murid. Dari penelitian ini menemukan hasil jika penggunaan model pembelajaran tipe Jigsaw di MA bisa memberikan peningkatan pada metakognisi murid. Hal ini ditandai dengan jumlah rata-rata metakogni Murid pada kelas perlakukan lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu 7,643 untuk kelompok perlakukan dan 6,286 untuk kelompok kontrol. Kelas perlakuan lebih kecil dari kelas kontrol apabila standar deviasinya menjadi tolak ukur, yaitu dengan 0,1174 untuk kelas perlakukan dan 0,1442 untuk kelas kontrol yang artinya, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki pengaruh dalam meningkatkan metakognisi siswa.
Kata kunci Pembelajaran kooperatif, Jigsaw, metakognisi.
Full Text:
PDFReferences
Anita Lie. (2007). Kooperatif Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo
Arends. (2007). Model Pembelajaran Problem Based Learning .Jakarta : Bumi Aksara
Huda, Miftahul.2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.Pustaka Belajar,hal.197-199
Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Jamil Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta
Salminawati. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis
Shahbari, A.J., Daher W & Rassian, S., 2014, Mathematical Knowledege and The Cognitive and Metacognitive Processes Emerged In ModelEliciting Activities, International Journal on New Trends in Education and Their Implications.
Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning.Bandung : Nusa Media
Suprijono.Agus, (2016), Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Tukiran, Taniredja, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.