Development of Statistics Learning Worksheets Based on Realistic Mathematics Education for Junior High School Students
Abstract
Abstract The purpose of this study was to develop valid, practical, and effective statistics learning worksheets based on realistic mathematics for eighth grader of junior high school. This development research uses a 4D development model with stages: definition, design, development, and deployment. The subjects of this research trial were the students of class VIII SMP Negeri 7 Bengkulu City, as many as 27 people. The research instrument consisted of product validity sheets, practicality sheets, and student learning outcomes tests. The data analysis consisted of validity analysis using Aiken's V index, rater agreement test, and N-gain test. This study resulted in realistic mathematics education-based student worksheet for statistical material for class VIII SMPN that met the following criteria: (1) Valid with an average Aiken's V index score of 0.86 in the high category and the results of the agreement test between raters with an intraclass correlation coefficient score of 0.99 categories. Very good. (2) Very practical in terms of the average practicality score of students of 81.51 percent. (3) Effective from the N-gain score of 0.72 high categories with classical completeness reaching 81.48 percent.
Keywords students worksheet, development research, realistic mathematics education
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa berbasis matematika realistik pada pembelajaran statistika kelas VIII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan: definisi, desain, pengembangan, dan penerapan. Subyek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas produk, lembar kepraktisan, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data terdiri dari analisis validitas menggunakan Aiken's V index, uji rater agreement, dan uji N-gain. Penelitian ini menghasilkan LKS materi statistika kelas VIII SMPN berbasis pendidikan matematika realistik yang memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Valid dengan rata-rata skor indeks V Aiken 0,86 dengan kategori tinggi dan hasil uji kesepakatan antar rater dengan skor koefisien korelasi intrakelas sebesar 0,99 kategori. Sangat bagus. (2) Sangat praktis ditinjau dari nilai rata-rata kepraktisan siswa sebesar 81,51 persen. (3) Efektif dari skor N-gain 0,72 kategori tinggi dengan ketuntasan klasikal mencapai 81,48 persen.
Kata kunci lembar kerja siswa, penelitian pengembangan, pendidikan matematika realistik.
Full Text:
PDFReferences
Febriandi, R., Susanta, A., & Wasidi. (2019). Validitas LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor pada Materi Bangun Datar. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 2(2), 148-158. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i2.10612.
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 51-63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20.
Ismunarti, DH, Zainuri, M., Sugianto, DN, & Saputra, SW (2020). Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran Konsentrasi Klorofil-a Perairan. Buletin Oseanografi Marina , 9(1), 1-8. https://doi.org/10.14710/buloma.v9i1.23924.
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN ANTASARI, 73-94. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle Se berbantuan Geogbra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AL-Jabar, 191-202.
Putri, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemeahan Masalah Rutin dan Non Rutin pada Materi Aturan Pencacahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 890-896.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sakdiyah, H., & Annizar, A. M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir Pantai Puger pada Materi Perbandingan. ARITMATIKA, 116-124.
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 71-80.
Sari, D. P. (2020). Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari di SMAN 6 Tanggerang Selatan. Prosiding Senantias, 1363-1371.
Sari, S. K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas VIII SMP. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 290-304.
Siregar, H. S., & Harahap, M. S. (2019). Efektivitas Kemampuan Repsesentasi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal MathEdu, 7-18.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras, 14-25.
Susanto, E., Rusdi, R., & Susanta, A. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 39-49.
Susanta, A., Susanto, E., & Maizora, S. Rusdi. 2021. analisis kemampuan siswa SMP/MTs Kota Bengkulu dalam menyelesaikan soal matematika TIMSS. Jurnal THEOREMS, 5(2), 131-139.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217-225.
Wibowo, A., Hanifah, & Muchlis, E. E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Pendekatan Saintifik di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. PENDIPA, 125-131.
Wulandari, N., Patta, R., & Kadir, A. (2021). Analisis Kreatifitas Guru Kelas dalam Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Matematika Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda, 120-127.
Yunipiyanto, M. R., Trisnaningsih, & Pujiati. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Proses Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Studi Sosial, 1-15.
Zaki, R. (2017). Validation of Instrument Measuring Continuous Variable, Advances in Statistical Methodologies and Their Application to Real Problems. Intech Open Science. Pp 217–237.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.