Dimensions of Students Mathamatical Creative Thinking Ability in the Post-Covid-19 Pandemic

Nanang Khuzaini, La Ili, latief Sahidin, Muhammad Irfan Rumasoreng

Abstract


Abstract Mathematical Creative Thinking Ability is a means of finding solutions and solving problems universally. This study aims to analyze students mathematical creative thinking skills after the covid-19 pandemic. The research subjects were 100 SMA/MA students in DIY. The research method used is descriptive quantitative assisted by the LISREL program. The analytical tool used is structural equation modeling to analyze the dimensions of mathematical creative thinking which consists of four indicators, namely flexible, fluent, elaborative, and evaluative thinking. The results showed that the students mathematical creative thinking ability was at a moderate level above 80 percent with a loading factor value greater than 0.3 and a t-value above 1.96. Of the four dimensions, the indicator of elaborative thinking ability is the most dominant in contributing to and influencing the sub-indicator, namely developing students ideas.

 

Keywords mathematical creative thinking, structural equation modelling, Covid-19 pandemic.  

 

Abstrak Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis merupakan sarana untuk menemukan solusi dan memecahkan masalah secara universal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pasca pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah 100 siswa SMA/MA di DIY. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif berbantuan program LISREL. Alat analisis yang digunakan adalah pemodelan persamaan struktural untuk menganalisis dimensi berpikir kreatif matematis yang terdiri dari empat indikator yaitu berpikir luwes, lancar, elaboratif, dan evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berada pada taraf sedang di atas 80 persen dengan nilai loading factor lebih besar dari 0,3 dan nilai t-hitung di atas 1,96. Dari keempat dimensi tersebut, indikator kemampuan berpikir elaboratif paling dominan berkontribusi dan mempengaruhi sub indikator yaitu mengembangkan ide siswa.

 

Kata kunci berpikir kreatif matematis, pemodelan persamaan struktur, pandemi Covid-19.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i4.pp1328-1336


Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.

Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh kemandirian belajar matematik siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1045–1054.

Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

Ambarita, C. F. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Online Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kritis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Sianjur Mula-Mula. JGK (Jurnal Guru Kita), 5(3), 62–70.

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239–248.

Atmadja, T. F. A., Yunianto, A. E., Yuliantini, E., Haya, M., Faridi, A., & Suryana, S. (2020). Gambaran sikap dan gaya hidup sehat masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(2), 195–202.

Atsani, K. H. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30.

Dewi, I. N., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Kontekstual. Journal on Education, 1(2), 279–287.

Eva, L. M., & Kusrini, M. (2016). Hubungan kecerdasan emosional dan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Fakhrunisa, F., & Prabawanto, S. (2020). Online learning in Covid-19 pandemic: An investigation of mathematics teachers’ perception. 2020 The 4th International Conference on Education and E-Learning, 207–213.

Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Ghozali, I., & Fuad, M. (2008). Structural equation modeling. Edisi II, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MTs pada materi lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 80–86.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.

Hu, L., & Bentler, P. M. (1999). Cutoff criteria for fit indexes in covariance structure analysis: Conventional criteria versus new alternatives. Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal, 6(1), 1–55.

Hwang, G.-J., Kuo, F.-R., Chen, N.-S., & Ho, H.-J. (2014). Effects of an integrated concept mapping and web-based problem-solving approach on students’ learning achievements, perceptions and cognitive loads. Computers & Education, 71, 77–86. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.09.013

Ismayani, A. (2016). Pengaruh penerapan STEM project-based learning terhadap kreativitas matematis siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Theorems, 1(2), 301745.

Kesumawati, N. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kolfschoten, G., French, S., & Brazier, F. (2014). A discussion of the cognitive load in collaborative problem-solving: The decision-making phase. EURO Journal on Decision Processes, 2(3), 257–280. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s40070-014-0034-9

Maharani, H. R. (2014). Creative thinking in mathematics: Are we able to solve mathematical problems in a variety of way. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 23.

Manaf, A., & Christianti, M. (2020). Dimensions of Early Childhood Character Education Based on Multiculturism.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Mawaddah, N. E., & Suyitno, H. (2015). Model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan metakognisi dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1).

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Noer, S. H. (2011). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(1).

Payadnya, I. P. A. A., & Suwija, I. K. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PADA MATA KULIAH METODE STATISTIKA DI ERA PANDEMI COVID-19. Journal of Honai Math, 4(2), 117–130.

Prasetyo, T., Zulela, M. S., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3617–3628.

Puangrimaggalatung, S. (2021). Create teaching creativity through training management, effectiveness training, and teacher quality in the covid-19 pandemic. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 18–35.

Rahayu, G. D. S., Altaftazani, D. H., Kelana, J. B., Firdaus, A. R., & Fauzi, M. R. (2020). Analysis of elementary school students’ mathematical resilience during learning during the covid 19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 12001.

Rumasoreng, M. I., Khuzaini, N., & Setiana, D. S. (2021). Konstruksi Instrumen Penelitian Dimensi Konseptual Persepsi Calon Guru Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 198–207.

Shevlin, M., & Miles, J. N. V. (1998). Effects of sample size, model specification and factor loadings on the GFI in confirmatory factor analysis. Personality and Individual Differences, 25(1), 85–90.

Sukarjita, I. W. (2020). Learning Community Dalam Perkuliahan Untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 11–24.

Sulistyowati, S. N., & Amri, F. (2021). Pengaruh pembelajaran online terhadap kemandirian belajar siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3076–3082.

Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Supriani, Y., & Hadi, T. S. (2020). Conjecturing Ability Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Inomatika, 2(2), 161–169.

Susanto, L. H., & Munandar, R. R. (2017). Model Project Based Learning Sebagai Upaya Mengelola Cognitive Load Mahasiswa Pada Materi Media Audio Visual. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 100–109.

Tambunan, N. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).

Ulya, I. (2015). APLIKASI SOFTWARE R, AMOS, DAN LISREL UNTUK ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN JENIS ALAT KONTRASEPSI TERHADAP JUMLAH PENDUDUK DAN KEPADATAN PENDUDUK DI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2014. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.