Application of the Socratic Method based on E-learning Moodle in Linear Algebra lectures
Abstract
Abstract This study aims to determine the application of the Socratic method in the LMS model platform at Tanjungpura University e-learning. The use of e-learning from UNTAN has been applied by researchers for 4 semesters and the Socratic method is the reference for research in this semester. The Socratic method is a learning method with a discussion process led by educators to make students think about the truth of the validity of their reasoning or to reach a correct conclusion. The whole conversation is a constructive conversation and uses Socratic questions in building learning. The data in this study were given before and after the Socratic method was applied. The quantitative method in a comparative form is the type of this research. The research population is second semester students who take elementary linear algebra courses which are divided into 4 classes, namely class IIA1, II A2, IIA3, and B. The research sample was taken with consideration because the researcher was in charge of the class, namely class IIA2. The data obtained were analyzed descriptively by using the t test. The results of data analysis showed that there was a significant increase in learning outcomes after the implementation of the Socratic method in learning in the Tanjungpura University model e-learning platform.
Keywords e-learning moodle, learning outcomes, socratic method.
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode socrates dalam platform LMS modle di e-learning Universitas Tanjungpura. Penggunaan e-learning untan telah diterapkan oleh peneliti selama 4 semester dan metode socrates menjadi acuan penelitian pada semester ini. Metode Socrates adalah suatu metode pembelajaran dengan proses diskusi yang dipimpin oleh pendidik untuk membuat peserta didik berpikir tentang kebenaran validitas penalarannya atau untuk mencapai sebuah kesimpulan yang benar. Seluruh percakapan merupakan percakapan yang bersifat konstruktif dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan Socrates dalam membnagaun pembelajaran. Data dalam penelitian ini diberikan sebelum dan sesudah diterapkan metode socrates tersebut. Metode kuantitatif dalm bentuk komparataif menjadi jenis penelitian ini. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester II yang mengambil mata kuliah aljabar linier elementer yang terbagi menajadi 4 kelas yakni kelas IIA1, II A2, IIA3, dan B. Sampel penelitian diambil secara pertimbangan karena peneliti mengampu di kelas tersebut yakni kelas IIA2. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji t. Hasil analasis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah diterapkannya metode socrates dalam pembelajaran di dalam platform e-learning model Universitas Tanjungpura.
Kata kunci e-learning moodle, hasil belajar, metode sokrates.
Full Text:
PDFReferences
Astuti S., S. N., Sudia, M., & Rahim, U. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(1), 29. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i1.8245
Basith, A., Rosmaiyadi, R., Triani, S. N., & Fitri, F. (2020). Investigation of Online Learning Satisfaction During COVID 19: In Relation to Academic Achievement. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(3), 265–275. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.14803
Denny, K., Meke, P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2022). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 675–685.
Endrawan, I. B., Hardiyono, B., Satria, M. H., & Kesumawati, S. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Olahraga Strata Satu (S1) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Bahasa Universitas Bina Darma. JPKMBD ( Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma), 1(2), 180–186.
Ernawati, & A Muhajir Nasir. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Statistik Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 31–44.
Faulinda, E. N., & Aghni Rizqi Ni’mal, ‘Abdu. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.
Husniati, R., Setiadi, I. K., Pangestuti, D. C., & Nugraheni, S. (2022). Tantangan Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Di Era. Batara Wisnu Journal: Indonesian Journal of Cummunity Services, 2(1), 134–145.
Ismah, I., & Muthmainnah, R. N. (2021). Penerapan Metode Socrates Kontekstual Untuk Meningkatkan Tingkat Berfikir Kritis Matematis. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan …, 61–68. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/10192
Kamal, I., Firmansyah, E. A., Rafiah, K. K., Rahmawan, A. F., & Rejito, C. (2020). Pembelajaran di Era 4.0. November, 265–276.
Natasia, C., & Puspitasari, D. (2020). Pemanfaatan media e-learning moodle untuk menunjang pembelajaran mahasiswa di fakultas manajemen dan bisnis universitas ciputra. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 169–179. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 169–179. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/viewFile/8238
Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066
Pangestuti, D. S., Latifah, N., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2019). Pengaruh Metode Socriates Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. 3(1), 85–94.
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1395
Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 178. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5032
Sari, I. N., & Exacta, A. P. (2021). Implementasi Moodle Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 232. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.51433
Sholihah, D. A., & Shanti, W. N. A. (2017). Diposisi berpikir kritis matematis dalam pembelajaran menggunakan metode socrates. Jkpm, 4(2), 1–9.
Vania Sasikirana, & Herlambang, Y. T. (2017). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Yunarti, T. (2016). Metode Socrates dalam Pembelajaran Berpikir Kritis Aplikasi dalam Matematika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.