Analysis of Science Literacy-Based High School Physics Textbooks using Weight Product Methods

Novi Ayu Kristiana Dewi, Novita Andriani, Vincencius Bellin Atmaja

Abstract


Abstract This study aims to determine the best science literacy-based physics textbook. This research is a descriptive study with data analysis techniques using the weight product method as a decision support system. The research sample comprised eleven high school physics textbooks for class X in Lampung Province. Methods of collecting data through observation, interviews, documentation, and questionnaires. Based on the research, the selection of the best science literacy-based physics textbook is made using the weight product method with the following steps: determining the criteria, making a suitability rating between alternatives and criteria, determining the weight of each criterion and its normalization, calculating the S value as an alternative preference, calculating the V value as a final alternative preference for ranking. Based on the final calculation results, the best alternative high school physics textbook based on science literacy was obtained with a value of V is equal to 0.1070, namely B11.

 

Keywords textbook, scientific literacy, weight product method, decision support.

 

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menentukan buku teks pelajaran fisika berbasis literasi sains terbaik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan metode weight product sebagai sistem pendukung keputusan. Sampel penelitian terdiri dari sebelas buku teks fisika SMA kelas X di Provinsi Lampung. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan penelitian, pemilihan buku teks fisika berbasis literasi sains terbaik dilakukan dengan metode weight product dengan langkah-langkah menentukan kriteria, membuat rating kecocokan antara alternatif dan kriteria, menentukan bobot setiap kriteria dan normalisasi bobot, menghitung nilai S sebagai preferensi alternatif, serta menghitung nilai V sebagai preferensi alternatif terakhir untuk perangkingan. Berdasarkan hasil perhitungan akhir diperoleh alternatif buku teks fisika SMA berbasis literasi sains terbaik dengan  nilai V sama dengan 0.1070 yaitu B11.

 

Kata kunci: buku teks pelajaran, literasi sains, metode weight product, pendukung keputusan.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.1296-1307


Full Text:

PDF

References


Dewi, C. A., & Rahayu, S. (2022). Pentingnya Mengoptimalkan Literasi Kimia Melalui Pembelajaran Berbasis Isu-isu Sosiosaintifik di Abad Ke-21. Proceeding Seminar Nasional IPA, 348–359.

Etherington, M. B. (2011). Investigative primary science: A problem-based learning approach. Australian Journal of Teacher Education (Online), 36(9), 53–74.

Jannah, N., Suyana, I., & Novia, H. (2019). Analisis hakikat sains (nature of science) dalam buku teks fisika SMA kelas X di Kota Bandung. Seminar Nasional Fisika, 1(1), 160–166.

Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630–636.

Ke, L., Sadler, T. D., Zangori, L., & Friedrichsen, P. J. (2021). Developing and using multiple models to promote scientific literacy in the context of socio-scientific issues. Science & Education, 30(3), 589–607.

Khoiriah, M., & Kholiq, A. (2020). Validitas perangkat pembelajaran fisika berbantuan e-book literasi sains pada materi fluida dinamis. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1).

Kusuma, D. (2018). Analisis keterbacaan buku teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 14–21.

Mauliana, P., Wiguna, W., & Widyaman, D. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 3(2), 85–94.

Nur’aini, D., Rahardjo, S. B., & Vh, E. S. (2017). Analisis Buku Ajar Kimia Kelas Xi Pada Materi Termokimia Di Kota Surakarta Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 254–259.

Nurdini, N., Sari, I. M., & Suryana, I. (2018). ANALISIS BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER 1 DI KOTA BANDUNG BERDASARKAN KESEIMBANGAN ASPEK LITERASI SAINS. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 96–102.

Ponidi, P., Renaldo, R., & Mukodimah, S. (2021). Analisis Penerapan Metode Weighted Product Method sebagai Indikator Penetapan Calon Penerima Bantuan Bedah Rumah. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1, 206–213.

Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75–88.

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st century skills through scientific literacy and science process skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 110–116.

Usmeldi, U. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 1–8.

Wardhany, R. P. K. (2014). Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA.

Wuri, O. R. (2014). Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran fisika materi kalor terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3).

Yuliyanti, T. E., & Rusilowati, A. (2014). Analisis buku ajar Fisika SMA kelas XI berdasarkan muatan literasi sains di Kabupaten Tegal. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).

Yunita, A. M., Susanti, E. N., & Rizky, R. (2020). Implementasi Metode Weight Product Dalam Penentuan Klasifikasi Kelas Tunagrahita. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(2), 78–82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.