Implementation of Discovery Learning Model in Social Arithmetic Learning for Middle School Students

Rama Nia Saputri, Agus Susanta, Hanifah Hanifah, Edi Susanto

Abstract


Abstract This study aims to analyze the effect of the discovery learning model on student learning outcomes in social arithmetic material. This research is a quasi-experiment with a nonequivalent posttest-only control group design. The population of this study was seventh-grade students of SMP Negeri 6 Bengkulu City. The sample was selected using the purposive sampling technique, namely class VIID as the experimental class with 20 students and class VIIC as the control class with as many as 23 people. Data was collected by using a social arithmetic material test. The data were analyzed descriptively and statistically by using an independent t-test. The results showed an effect of the discovery learning model on improving student learning outcomes in social arithmetic material. Statistically descriptive, the average student learning outcomes using the discovery learning model are higher than in conventional learning classes.

 

Keywords discovery learning, quasi experiment, learning outcomes.

 

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa materi aritmetika sosial. Penelitian ini merupakan eksperimen semu denga desain nonequivalent posttest-only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik purvosif sampling yaitu siswa kelas VIID sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol sebanyak 23 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes materi aritmatika sosial. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik infransial menggunakan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa materi aritmatika sosial. Secara statistik deskriptif rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan kelas pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci discovery learning, eksperimen semu, hasil belajar.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.pp1006-1016


Full Text:

PDF

References


Agustian, M. (2019). Efektivitas Pengalaman Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. KEGURU : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 03(1), 1–13.

Fitriyah, F., Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9, 108–112.

Irawan, E., & Wilujeng, H. (2020). Development of an online mathematical misconception instrument. Journal of Physcis:Conference Series, 1657, 012080.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (F. Bunga Sari, ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (3rd ed.). Bandung: Refika Aditama.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Mukhammad, B., Shoffan, S., Iis, H., Seriawan, G., Fitri, A., & Lestari, I. W. (2021). Strategi Belajar Mengajar (1st ed.; T. Iqbal, ed.). Bojonegoro: Argapana Media.

Noviyanti, M., & Moerti, H. (2019). Pengaruh Penugasan Dimensi Tiga Berbantuan Cabri 3d Terhadap Hasil Belajar Dimensi Tiga Di Kota Pasuruan. Journal of Computer and Information Technology, 2(2), 41–49.

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model pembelajaran Discovery Learning guna membentuk sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar: sebuah kerangka konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109–117.

Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. (2017). Pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap efektivitas dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2, 1060–1064.

Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32.

Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11.

Susetyo, B. (2015). Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: Refika Aditama.

Sutrisno, S., Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580–590.

Zetriuslita, Z., & Alzaber, A. (2020). Model model pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013 (pelatihan untuk guru-guru SMP Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar). Community Education Engagement Journal, 2(1), 30–37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.