Development of ICT-Based Geometry Transformation Module for High School Students
Abstract
Abstract This study aims to develop an ICT-based geometry transformation module for high school students. This research is a development research using the ADDIE model. The results showed that the geometry transformation module developed was valid and received a good response from students. The developed ICT-based geometry transformation module can be used as an alternative for teachers to help students learn geometry transformation material. However, this module can only be run on windows-based computers or tablets. This module has not been able to run on smartphones which are generally owned by students.
Keywords ICT-based modules, development research, mathematics learning.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul transformasi geometri berbasis TIK untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul transformasi geometri yang dikembangkan valid dan mendapat respon yang baik dari siswa. Modul transformasi geometri berbasis TIK yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru untuk membantu siswa mempelajari materi transformasi geometri. Namun, modul ini hanya dapat dijalankan di komputer atau tablet berbasis windows. Modul ini belum dapat dijalankan pada smartphone yang umumnya dimiliki oleh mahasiswa.
Kata kunci: modul berbasis TIK, penelitian pengembangan, pembelajaran matematika.
Full Text:
PDFReferences
Edwards, L.D. (1997). Explore Ring the Terrority before Proof: Students' Generalization in a computer Microworld for Transformation Geometry. International Journal of Computers for Mathematical Learning, 1, 187-215
Albab, I.U., Hartono, Y., & Darmawijoyo. (2014). Kemajuan Belajar Siswa Pada Geometri Transformasi Menggunakan Aktivitas Refleksi Geometri. Cakrawala Pendidikan, XXXIII
Hollebrands, K.F., 2003. High School Students’ Understandings of Geometric Transformations In The Context of a Technological Environment. The Journal of Mathematical behavior, 22 (1), 55-72
Gianto, E.K.A., Mampouw, H.L., & Setyadi, D. (2018). The Development of MOSIRI (Geometri Transformation Module) for High School Students. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 121-134
Lasmiyati., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161-174
Clements, D. H. & Burns, B. A. (2000). Students' Development Of Strategies For Turn And Angle Measure. Educational Studies in Mathematics, 41(1), 31-45.
Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938-1942
Morrison, G. R., Kemp, E. J, & Ross, S. M. (2004). Designing effective instruction. New York, NY: Merrill.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatakan hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi barisan dan Deret. Kreano, 8(1), 1-7
Windarti. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Logika yang Memuat Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas X SMK. Pythagoras, 10(1), 106-116
Laili, I., Ganefri., & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.
Saida, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695-8705
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, L.P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 42(2), 99-109
Dilliati, F.N., Wiryokusumo, I., & Leksono, I.P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia SD. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 61-68
Krissantono, W., Sukmawati., & Zainuddin. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SDN 03 Kelampai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(8), 1-14
Yuliani, K., & Winata, H. (2017). Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 27-33
Gustinasari, M., lufri., & Ardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 61-74.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.