Development of Guided Discovery Based Stoichiometry E-Modules to Improve Students Science Literacy
Abstract
Abstract This research aims to create e-modules based on guided discovery learning that are effective, practical, and support student learning. The research type uses research and development (R and D) using a 4-D model with four steps definition, design, development, and dissemination. This tool is in the form of a questionnaire on effectiveness and feasibility. Elastic modulus is verified by her 6 validators. Data were analyzed according to the Aikens V formula and percent utility. In the analysis of content validity and technical rating, the average V of Aikens with high valid categories was 0.85 and 0.83. Teacher and student ratings of the practicality questionnaire data were 82 percent and 83 percent in the highly practical category. Data analysis shows that young's modulus has high validity and practicality. Therefore, it can be concluded that e-modules based on guided discovery learning are effective, practical, and categorized as teaching materials that improve students scientific literacy.
Keywords: e-module, stoichiometry, guided discovery learning, science literacy.
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis guided discovery learning yang valid dan praktis dan mampu membantu proses belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan research and development (R dan D) dengan model 4-D yang terdiri dari empat langkah yaitu define, design, develop, dan disseminate. penelitian ini dibatasi pada tahap develop. Intrumen yang digunakan pada penelitian berupa angket validitas dan kepraktisan. E-Modul divalidasi oleh 6 validator. Data dianalisis dengan rumus Aikens V, dan persentase kepraktisan. Analisis untuk validitas konten dan teknikal skor rata-rata Aikens' V 0.85 dan 0.83 dengan katagori valid tinggi. Analisis data angket kepraktisan guru dan siswa adalah 82 persen dan 83 persen dengan kategori sangat praktis.Analisis data yang didapat menunjukkan bahwa E-Modul memiliki tingkat validitas dan kepraktisan yang tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis guided discovery learning merupakan bahan ajar yang dikategorikan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran kimia agar dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Kata kunci: e-modul, stoikiometri, guided discovery learning, literasi sains.
Full Text:
PDFReferences
Bamiro, A. O. (2015). Effects of guided discovery and think-pair-share strategies on secondary school students’ achievement in chemistry. SAGE Open, 5(1).
Danang, F. (2015). No Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Peserta didik Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang bangkalan MaduraTitle. Teknologi Pendidikan, 3(2), 1–9.
Darwis, D, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 9(2): 67-71.
Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan Bahan Ajar . Jakarta: Depertemen pendidikan Nasional Direktorat Manajement Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah atas.
Delhita, A & Suyono. (2021). Penggunaan Think-Aloud Protocols Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Stoikiometri Di Sma Khadijah Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa: 89-96.
Dewa, I. P. S, dkk. (2020). Pengembangan Video Panduan Menggunakan Bahan Kimia, Upaya Peningkatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Seminar Nasional Riset Inovatif. 206-217.
Izzatunnisa, dkk. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Pembelajaran Penemuan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Kimia SMA.J. Pijar MIPA. 14(2): 49 -54.Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen”. 5(1): 8-13.
Jaenudin, A. (2017). The Effectiveness of The Module Economic Learning on Problem-Based Learning used tp Improve Students Learning Outcome. Social Science, Education and Human Research, 158, 30–36.
Muntari, M., Muti’ah, M., Idrus, S. W. Al, & Supriadi, S. (2021). Pendampingan Implementasi Pembelajaran Guided Discovery Melalui Lesson Study for Learning Community (LSLC) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kimia Siswa SMA Zonasi Narmada Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).
Omrod, J. (2014). Psikologi Pendidikan Edisi Ke-Enam. Jakarta: Erlangga.
Palisoa, Napsin. (2008). Strategi Advance Organizer dalam Pembelajaran Kimia Jurnal Pendidikan “Jendela Pengetahuan”.
Permendikbud. (2018). Perubahan atas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Rinduan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Ruwanto, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(6).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sunarya, N. H & Ali Muhtadi. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5(2): 180-189.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana.
Ulumi, Diana Fatihatul., M. dan Y. R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Guided discovery learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukaharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69.
Yerimadesi, Bayharti., S M Jannah., Lufri., Festiyed., Y. K. (2018). . Validity and Practitality o Acid-Base Module Based on Guided discovery learning for Senior Hight School. IOP Publishing. Materials Science and Engineering 335,. Internasional Conference on Mathematics, Science, Education, and Technology (ICOMSET).
Zakiyah, dkk. (2018). Analisis Dampak Kesulitan Siswa Pada Materi Stoikiometri Terhadap Hasil Belajar Termokimia. Jurnal Kimia dan Pendidikan. (3)1: 119-134.
Zidny, R, dkk. (2013). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Sma Kelas X Pada Materi Persamaan Kimia Dan Stoikiometri Melalui Penggunaan Diagram Submikroskopik Serta Hubungannya Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia . (1)1. 27-36.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.