Implementation of Web-Based Interactive Students Worksheets with a Scientific Approach for Algebraic Forms Concepts
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to describe the achievement of student learning outcomes using web-based interactive Student Worksheets through a scientific approach to the concept of algebraic forms and to determine student responses in the use of web-based interactive Student Worksheets. The method used in this study is a type of qualitative descriptive research. The results showed that the achievement of student learning outcomes using interactive web-based Student Worksheets with a scientific approach to the concept of algebraic forms achieved the Minimum Completeness Criteria. Student responses to the use of web-based interactive Student Worksheets showed a good response. The use of interactive web-based Student Worksheets can be very effective in improving student learning outcomes if the lesson plans, work steps and giving the types of questions on the Student Worksheets are made appropriately and systematically.
Keywords: students’ worksheets, scientific approach, algebra.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa interaktif berbasis web melalui pendekatan saintifik pada konsep bentuk aljabar dan untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan Lembar Kerja Siswa interaktif berbasis web. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian hasil belajar siswa menggunakan Lembar Kerja Siswa interaktif berbasis web dengan pendekatan saintifik pada konsep bentuk aljabar banyak yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Respon siswa terhadap penggunaan Lembar Kerja Siswa interaktif berbasis web menunjukan respon baik. Penggunaan Lembar Kerja Siswa interaktif berbasis web bisa sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa jika rancangan pembelajaran, langkah kerja dan pemberian jenis-jenis soal pada Lembar Kerja Siswa dibuat secara tepat dan sistematis.
Kata kunci: lembar kerja siswa, pendekatan saintifik, aljabar
Full Text:
PDFReferences
Adi, T. (2016). Penggunaan Lks sebagai Tindakan Rasionalitas Guru dalam Proses Pembelajaran (Kajian Fenomenologi di SMA N 7
Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016). SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2).
Amir, M. T. (2017). Merancang kuesioner: Konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian, dan perilaku. Prenada Media.
Andrianti, S. (2018). Peran Guru PAK Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi. Jurnal Fidie, 1(2).
Diani, R. (2016). Pengaruh pendekatan saintifik berbantukan LKS terhadap hasil belajar fisika peserta didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 83–93.
Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221053.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1).
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013.
Khikmiyah, F. (2021). IMPLEMENTASI WEB LIVE WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.
Loli, K. J., Damayanti, N. W., & Yuniarto, E. (2018). Pengembangan Lks Berdasarkan Masalah Kontekstual Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 6(1), 30–36.
Mujiansyah, R. A., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Belajar Dari Rumah (BDR) dan Penggunaan Media LKS Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 1 Soko Tuban. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 20–30.
Muzayyanah, A., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) tematik berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 452–457.
Ngu, B. H., Chung, S. F., & Yeung, A. S. (2015). Cognitive load in algebra: element interactivity in solving equations. Educational Psychology, 35(3), 271–293. https://doi.org/10.1080/01443410.2013.878019
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika materi bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. Journal On Education, 1(2), 323–334.
Panjaitan, R. G. P., & Marlina, R. (2016). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3).
Prendergast, M., & O’Donoghue, J. (2014). “Students enjoyed and talked about the classes in the corridors”: Pedagogical framework promoting interest in algebra. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(6), 795–812. https://doi.org/10.1080/0020739X.2013.877603
Rahmadani, E., & Putri, F. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Interaktif Menulis Deskriptive Text Menggunakan Media Wizer dalam Mempromosikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Kelas 8 Di MTSN 2 Medan. BAHAS, 32(1), 27–38.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.
Suhaedi, D. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis, Berpikir Aljabar, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 275. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535
Yusuf, M. (2010). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui lembar kerja siswa (LKS) interaktif berbasis komputer di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 34–44. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.