The Effect of Google Classroom on Learning Independence and Mathematics Learning Outcomes A Case of SMKN 3 Kupang, Indonesia

Magdalena Wangge

Abstract


Abstract: During the time of online learning is wrong One of the applications used in Google Classroom. The purpose of this study is to find out the effect of the use of Google Classroom on the independence of learning, use of Google Classroom for results learn mathematics, use Google Classroom independence of learning and learning outcomes of mathematics, as well as the influence between independence of learning on effects of study mathematics in students of State Vocational High School 3 Kupang. This research uses a type of quantitative research with survey methods. This study concludes that there is an influence on the use of Google Classroom on independence of learning, there is a significant influence on the use of Google Classroom, there is an influence on the use of Google Classroom on independence of learning and learning outcomes of mathematics, and there is an influence between the independence of learning on learning outcomes mathematics in students of State Vocational High School 3 Kupang.

 

Keywords: google classroom, independence of learning, learning outcomes.

 

Abstrak: Selama masa pembelajaran daring salah satu aplikasi yang digunakan adalah Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap kemandirian belajar, penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar matematika, penggunaan Google Classroom terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar matematika, serta pengaruh antara kemandirian belajar dan hasil belajar matematika pada siswa SMK Negeri 3 Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Studi ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh pada penggunaan Google Classroom pada kemandirian belajar, ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan Google Classroom, ada pengaruh terhadap penggunaan Google Classroom pada kemandirian hasil belajar dan belajar matematika, dan ada pengaruh antara kemandirian belajar pada hasil belajar matematika pada siswa SMA Negeri 3 Kupang.

Kata kunci: google classroom, hasil belajar matematika, kemandirian belajar.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i1.pp152-161


Full Text:

PDF

References


Azies, H. A. (2016). Analisis MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) Pada Data Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Benzoic Acid (BA) dan Phthalide yang Dihasilkan Akibat Proses Destilasi Phtalic Anhydride (PA). (Online). https://www.researchgate.net/publication/338176471_Analisis_MANOVA_Multivariate_Analysis_Of_Variance_pada_Data_Faktor-Faktor_yang_Mempengaruhi_Jumlah_Benzoic_Acid_BA_Dan_Phthalide_PL. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2021.

Bey, A., & Narfin, L. (2013). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kendari. MIPMIPA, 12(2), 173-183.

Ernawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI di MAN 1 Kota Tanggerang Selatan. (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Gudono, G. (2017). Analisis Data Multivariat (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Handayani, A. S., & Ariyanti, I. (2020). Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP di Saat Pandemi Covid-19. Prosiding dari Konferensi Nasional Pendidikan, 1(1), 6-10.

Lestari, L. (2021). Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid di SMK Muhammadiyah 6 Medan. (Skripsi). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ma'arif, M. K., & Murdiono, M. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Terhadap Karakter Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama. Belantika Pendidikan.

Najihah, B. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Selama Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Pada Materi Turunan Fungsi Trigonometri di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjar Tahun Pelajaran 2020/2021. (Skripsi). Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari.

Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32-43.

Sari, P. P., Hidayah, N., & Najibufahmi, M. (2021). Pengaruh Kemandirian dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Yuhandi, A. P. S. (2021). Pengaruh Media Pembelajar Daring Google Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik (Survey Pada Peserta Didik Kelas Lintas Minat X MIPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung). (Skripsi). Bandung: Universitas Pasundan Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.