Student Representation Analysis in Understanding The Concept of Arithmetic Sequirs and Series Based on Students Mathematics Ability

Sri Irawati, Sri Indriati Hasanah, Moh Zayyadi, Arifatul Melinda Zein

Abstract


Abstract: This study aims to describe the mathematical representation ability of class XI MA Sumber Payung students in understanding the concepts of arithmetic sequences and series.  This type of research is descriptive qualitative research. The results obtained by students with high math skills in understanding the concepts of arithmetic sequences and series are in the form of representations of mathematical equations or expressions, where students can create mathematical equations or models from other representations given, solve problems involving mathematical expressions and representations of words or written texts.  Students can write down what is known and asked in a data or information, so that in answering questions using words or written text.  Likewise for students with low mathematical abilities, representation in understanding the concept of arithmetic sequences and series is in the form of representations of mathematical equations or expressions and representations of words or text.

Keywords: Representation, understanding arithmetic concepts, sequences and series.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas XI MA Sumber Payung dalam memahami konsep barisan dan deret aritmetika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memahami konsep barisan dan deret aritmetika adalah berupa representasi persamaan atau ekspresi matematika, dimana siswa bisa membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan, menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis dan representasi kata-kata atau teks tertulis siswa bisa menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dalam suatu data atau informasi, sehingga dalam menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Begitu juga pada siswa berkemampuan matematika rendah representasi dalam memahami konsep barisan dan deret aritmetika adalah berupa representasi persamaan atau ekspresi matematika dan representasi kata-kata atau teks.

Kata kunci: Representasi, memahami konsep, barisan dan deret aritmetika.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i1.pp78-86


Full Text:

PDF

References


Aini, S. D., Zayyadi, M., & Hasanah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkemampuan Matematika Rendah Berdasarkan Gender. KadikmA, 12(3), 96-107.

Astuti, E. P. (2017). Representasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Beta-Jurnal tadris matematika, 10(1).

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal penelitian pendidikan, 13(2), 1-10.

Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Barisan dan Deret. Konferensi nasional penelitian matematika dan pembelajarannya (KNPMP), 2(2), 78-88.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85-99.

Irawati, S. & Hasanah, S.I. (2016). Representasi Mahasiswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Memecahkan Masalah Program Linier. INOVASI, Volume XVIII, Nomor 1, Januari 2016

Lanya, H., Zayyadi, M., & Aini, S. D. (2020). Mathematic Communication Skills In Senior High School Based On Gender Differences. Pi: Mathematics Education Journal, 3(2), 75-81.

Ma’sum, A. (2013). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung. http://ejurnal.stkipjb.ac.id/index.php/AS/article/viewFile/197/133. Diakses 15 November 2020.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22.

Mulyaningsih, S. & Haerudin. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Putri, L. F. & Janet T. M. (2013). Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi Solo. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1211/2368. Diakses 26 November 2020.

Rawal, M. & Jafar. (2017). Kelengkapan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Persamaan Nilai Mutlak. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, (On-line), 978-602-73403-3-6.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari, 1(2), 33-44.

Santia, I. (2015). Representasi Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2).

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan representasi matematis dan kemampuan pembuktian matematika. JURNAL e-DuMath, 3(1).

Zayyadi, M., & Subaidi, A. (2018). Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 10-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.