Efektivitas Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Observasi dan Penguasaan Konsep Kesetimbangan Kimia
Abstract
Abstract: The Effectiveness of Discovery Learning to Improve Observation Skill and Mastery of Concept of Chemical Equilibrium. This study aims to describe the effectiveness of discovery learning model to improving the observation skill and mastery of concept chemical equilibrium. This research was conducted at SMAN 15 Bandar Lampung Teaching Year 20182019 using quasi experimental method with Pretest Postest Control Group Design. Sampling of purposive sampling of 3 population classes and samples selected class XI Science 2 as experiment class and XI Science 3 as control class. The effectiveness discovery learning in this study was conducted by using n gain which was significant between experiment class and control class. The size associated with using the effect size. The result obtained by observation skill and mastery of concept are high, and size of influence is great. With this things, the discovery learning model used has effective and has a large effect measure to improve the observation skill and mastery concept of chemical equilibrium.
Keywords: chemical equilibrium, discovery learning, mastery of concept, and observation skill.
Abstrak: Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Observasi dan Penguasaan Konsep Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas discovery learning untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Penelitian ini telah dilakukan di SMAN 15 Bandar Lampung tahun ajaran 2018 2019 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling dari 3 kelas populasi dan dipilih sampel yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Efektivitas discovery learning dalam penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan n gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil penelitian diperoleh model discovery learning yang digunakan efektif dan memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia.
Kata kunci: kemampuan observasi, kesetimbangan kimia, discovery learning, dan penguasaan konsep.
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. dan I. K. Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anitah, S. 2007. Strategi Pembelajaran Kimia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayadiya. 2016. Penerapan Model Discovery Learning dengan Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Jurusan Kimia
FMIPA. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Dahar, R. W. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dincer, S. 2015. Effect Of Computer Assisted Learning On Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal Of Turkish Science Education, Vol. 12, No. 1, 35-55.
Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., and H. H. Hyun. 2012. How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: The Mc Graw-Hill Companies.
Hake, R. R. 2002. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, Vol. 66, No. 1, 64-74.
Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.7, No.1, 1-13.
Joolingen, W.V. 1998. Cognitive Tools for Discovery Learning. Inter. J. Artific. Intel. Educ., Vol. 1, No.10, 385-397.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusuma, N.W. 2018. Deskripsi Sikap Ilmiah dan Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol. 7, No. 2, 1-13.
Lete. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Discovery Topik Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pasca Sarjana Pendidikan Dasar IPA. Universitas Negeri Malang. Vol 1, No. 1, 1-9.
Nur, A., M. Indrowati, dan R. Maya. 2012. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 44-52.
Nuryani, R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multiple Refresentasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing And Publishing.
Suprayanti, dkk. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 2, No. 1, 4-12.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, M.P. 2015. Efektivitas Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Membedakan pada Materi Elektrolit dan Non Eleketrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol. 4, No. 1, 1-14.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.