Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa

Coesamin Coesamin, Agung Putra Wijaya, Agung Putra Wijaya

Abstract


Abstract: The Effectiveness of Two Stay Two Stray Model on Students Mathematical Communication Skill. This quasi experimental research  aim­ed to find out the effectiveness of two stay two stray model on studentmathematical communication skill.  The population in this research was all students of grade 7th of SMPN 10 Bandarlampung in academic year of  2012019 that consist of 352 students and distributed into eleven classes. Through cluster random sampling technique, VII H consist of 32 students and VII J consist of 32 students were chosen as the research sample. This research used the randomized pretest posttest control group design. The research data were obtained by the essay test of mathematical communication skill on topic of ratio. Analysis of research data used the Mann Whitney u test and z test. Based on the results of this research and discussion, it concluded that two stay two stray model was effective in terms of students mathematical communication skill.

 

Keywords: effectiveness, mathematical communication, two stay two stray

 

Abstrak: Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Ditinjau Dari Komunikasi Matematis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran two stay two stray ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2018 2019 yang terdiri dari 352 dan terdistribusi dalam sebelas kelas. Melalui teknik cluster random sampling, terpilihlah kelas VII H sebanyak 32 siswa dan VII J sebanyak 32 siswa sebagai sampel penelitian.  Penelitian ini menggunakan the randomized pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian pada materi perbandingan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney  dan uji Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, model pembelajaran two stay two stray efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

 

Kata kunci: efektivitas,  kemampuan komunikasi matematis, two stay two stray


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2016. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauziah, Anna. 2016. Desain Soal Matematika Tipe PISA pada Konten Uncertainty dan Data untuk Mengetahui Ke-mampuan Argumentasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016. (Online), (http:// eprints.unsri.ac.id./69/, diakses 30 November 2018. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Jusmawati, Upu, H., dan Darwis, M. 2015. Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis. (Online), Vol. 3, No. 1, (http://ojs.unm.ac.id/index.php/JDM/article/view/1314), diakses 20 Januari 2019.

Kemendikbud .2016. Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmudi, Ali. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPA UNHALU. (Online), Vol. 8, No. 1, (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/penelitian/Makalah+06+Jurnal+UNHALU.pdf), diakses 08 November 2018.

Mulya, Nana. 2015. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA Di Kelas VIII SMP Negeri Banda Aceh Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13405), diakses 29 Desember 2018. Banda Aceh: Universitas Syah Kuala.

Nasution, M. K. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. (Online), Vol. 11, No. 1, (http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/download/515/443/), diakses 23 Mei 2019.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. (Online), (https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf), diakses 28 November 2018.

OECD. 2016. Programme For International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2015 - Indonesia. (Online), (https://.oecd.org/ pisa/PISA-2015 Indonesia. pdf), diakses 19 September 2018.

Puspaningtyas, Nicky Dwi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Qohar, Abd. 2011. Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/6968/), diakses 21 Oktober 2018.

Sari, Arnida. 2018. Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 2, No. 1, (https://media.neliti.com/media/publications/269831penera pan-model-kooperatif- two-stay-two-stray-49133cb2.pdf), diakses 17 Februari 2019.

Silalahi, A. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif TSTS (Tipe Two Stay Two Stray) Ditinjau dari Keaktifan dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa kelas IX SMP Negeri 2 Depok Sleman Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 6, No.3, (https://journal. student.uny.ac.id), diakses 17 Oktober 2018.

Syarifah, Imroatus. 2017. Efektivitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 6, No. 5, (https://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pmath/article/viewFile/7791/7418), diakses 01 Maret 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.