THE INFLUENCE OF GROUP INVESTIGATION (GI) LEARNING MODEL ON GEOGRAPHY LEARNING OUTCOMES OF SMA NEGERI 1 BANJARBARU

Restu Ulfah

Abstract


The purpose of this study was to examine the effect of Group Investigation model of learning on learning outcomes of geography at SMAN 1 Banjarbaru academic year 2013/2014. This study was a quasi-experimental study (quasi-experiment) with a research design Non-Equivalent Control Group Design. Data were analyzed using t-test. The results of the calculation of t test analysis of data obtained p-level less than 0.05 (p <0.05) of 0.01. The results of these calculations prove that the Group Investigation model of learning effect on learning outcomes

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar geografi pada siswa SMAN 1 Banjarbaru tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Hasil perhitungan analisis uji t diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yaitu 0,01. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap hasil belajar.


Keywords


learning model of Group Investigation (GI), the results of learning

Full Text:

PDF

References


Amirudin, Achmad, Fatchan, A. Sumarmi. 2009. Pengembangan Pembelajaran Kontekstual Melalui Outdoor Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilmiah Siswa Pada Materi Geografi (Suatu Implementasi Dan Desiminasi).Malang:Lemlit.

Arnyana.P.B. I. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif Serta Pengaruh Implementasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Pelajaran Ekosistem. Malang; Disertasi UM (Tidak diterbitkan).

Fajarianingtyas, DyahAyu. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Investigasi Kelompok Berbantuan Media 6M Pengelolaan Sampah Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, Dan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa IPA Universitas Wiraraja Sumenep Madur. .Malang;Tesis UM (Tidak diterbitkan).

Handayani. F.K.D. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan Pada Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi. Malang; Tesis UM (Tidak diterbitkan).

Joyce, Weil & Calhoun. 2009. Models Of Teaching. New Jersey:Allyn & Bacon.

Junas, T.P. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Topik Dampak Globalisasi Melalui Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas VI SDN Percobaan Palangkaraya. Malang; Tesis UM (Tidak diterbitkan).

Konberg, J.K. and Griffin, M. S. 2000. Analysis Problem--- A Means to Developing Student’ Critical-Thinking Skills: Pushing the Boundaries of Higher-Oder Thinking. Journal College Science Teacher (JCST). 24(5): 348-352.

Pederson, E,J&Digby, D, A. 1995. Secondary schools and cooperative learning;theories, models and strategies.(Online) (http://books.google.com/, diakses tanggal 15 Desember 2013)

Raharjo. 2009.Pengaruh Pembelajaran Kooperatif GI Dan PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa. (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/173, diakses tanggal 15 Januari 2013).

Sharan, S &Sharan, Y. 1989. Group Investigation Expand Cooperative Learning. (Online) , (http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_198912_sharan.pdf, diakses 19 Desember 2012).

Sumarmi, 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Suputra, W. Sedanayasa, G & Dibia, K, I. 2013. Pengaruh model GI (Group Investigation) Berorientasi Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SD Negeri Di desa Sinabun. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha No 3 Tahun 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments
 |  Add comment

Copyright (c) 2020 Journal Learning Geography

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING JOURNAL:


google-scholar-png | INSPIRASI        Neliti - Tech in Asia       Indexing and Abstracting | Indonesian Journal of Community Dedication     Mengenal Crossref (Cross Reference)