Dampak Kegiatan Bratasena Fordika Terhadap Penanaman Nilai Sikap Kepedulian Sosial Bagi Anggota Fordika FKIP Universitas Lampung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana Pengaruh Kegiatan Bratasena Fordika terhadap Penanaman Nilai Sikap Kepedulian Sosial Bagi Anggota Fordika FKIP Universitas Lampung Periode Kepengurusan 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yakni Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Lampung angkatan 2018-2020 selaku anggota Fordika periode kepengurusan 2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh thitung untuk variabel kegiatan Bratasena Fordika sebesar 6,765 dan ttabel dengan dk = 67-2 = 65 pada α 0.05 sebesar 1,668.
Kata Kunci: Organisasi Kemahasiswaan, Fordika, Kegiatan Bratasena, Sikap, Kepedulian Sosial
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari, dkk. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.
Ananda, H. F. (2014). Optimalisasi peran fungsi mahasiswa sebagai agent of change dan social control dalam permasalahan ketahanan pangan asean 2015. Jurnal Ketahanan Pangan.
Andito. (2005). Keterampilan Menjalin Relasi Pertemanan Mahasiswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dewantry, Z. W., Budiwati, S. D., & Sanjaya, M. B. (2015). Aplikasi Pengelolaan Dana Donasi Untuk Penderita Kanker (studi Kasus: Yayasan Kanker Indonesia). EProceedings of Applied Science, 1(3).
Fordika. (2021). Laporan Pertanggungjawaban Fordika Periode Kepengurusan 2021. Lampung : Fordika Unila
Fordika. (2021). Rencana Strategis Fordika Periode Kepengurusan 2021. Lampung : Fordika Unila.
Furqon, Hidayatullah. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Hayuni, R. R., & Flurentin, E. (2016). Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Nilai Peduli Sosial Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 118-125
Kosasih, K. (2017). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 188-198.
Magistarina, E., Utami, R. H. Nurmina. Fitriani, M., & Sari, R. P. (2019). Pengembangan Helping Skill Pada Remaja SMPN 2 Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1 (2), 152-160.
PERATURAN KEPALA BADAN NASIONAL PENANG GULANGAN BENCANA NOMOR 8 TAHUN 2008 TENTANG PEDOMAN PEMBERIAN DAN BESARAN BANTUAN SANTUNAN DUKA CITA.
Sari, M. R., Masril, M., Hanifah, H., Wahyuni, A., Pratiwi, L. D.,
Anggraini, N., ... & Sari, N. R. (2022). Social Project: Tingkatkan Kepedulian Sesama dengan Bakti Sosial di Panti Asuhan Annisa Pekanbaru. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8-12.
Tabiin, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Journal of Social Science Teaching, 1 (1), 39-59.
Unila.ac.id. (2018). Lembaga Mahasiswa. Diakses pada 25 April 2022.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ade Arif Abdillah, Hermi Yanzi, Devi Sutrisno Putri, Berchah Pitoewas, Edi Siswanto
Address:
Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1
Bandar Lampung City 35141