Pengaruh Kemampuan Penguasaan Materi, Berpikir Kritis, Kreativitas, Komunikasi dan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa
Rosa Febri Nur Rusman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penguasaan materi, berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi, terhadap Kemampuan dasar mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa deskriptif verifikatif dengan angket. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Lampung berjumlah 124 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 55 orang menggunakan teknik simple random sampling yang berarti tiap sampel memiliki hak sama. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan mengumpulkan informasi langsung dari informan pertama dengan media angket. Perhitungan menggunakan olah data SPSS dengan hasil menunjukan terdapat pengaruh kemampuan penguasaan materi, berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi terhadap Kemampuan dasar mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Lampung dengan kadar determinasi sebesar 63,5% dan 36,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Kemampuan dasar mengajar, penguasaan materi, berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi.