Penerapan Model Project-Based Learning dalam Pembelajaran Koperasi untuk Meningkatkan Jiwa Berwirausaha Peserta Didik

Dhea Clara Salshabella, Gilang Ramadhan, Dika Melia Febrianti, Mufidatul Laila Mufassaroh

Abstract


Artikel ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran ilmu ekonomi koperasi dengan menggunakan model pembelajaran project-based learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan atau library research. Model ini adalah salah satu model yang dianjurkan Kurikulum 2013 untuk menjawab tuntutan kompetensi dari pendidikan abad ke-21 yaitu peserta didik harus memiliki kemampuan pemahaman yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkolaborasi, dan kemampuan berkomunikasi. Manfaat psikologis yang didapat peserta didik akan lebih termotivasi untuk belajar lebih banyak tentang mata pelajaran yang mereka pelajari saat mereka berpartisipasi dalam pembelajaran yang aktif dan terlibat.

Kata Kunci: Project-based learning, ekonomi, koperasi.

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.90-95


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736

Ariyanti. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Koperasi dengan Kekuatan Digital Storytelling. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 97–105. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/index

Boss, Suzie. (2007). How Does Project-Based Learning Work ? Tools for understanding the process of planning and building projects. Available : https://www.edutopia.org/project-based-learning-guide.

Browning, J. W., & Bustard, J. (2023). Data Science Course Design for a Large-Scale Cohort using Individual Project-Based Learning. ACM International Conference Proceeding Series, i, 17–20. https://doi.org/10.1145/3573260.3573265

Duc, C.-N., Thi, P.-N., Hoang, T. –Ngoc, Thanh, T.-N. T., & The, T.-N. (2022). A Literature Review of the Project-based Teaching Method in the Education of Vietnam. 8(3), 567–584.

Eliana E.D.S.,Senam, Wilujeng, Jumadi. (2016). The effectiveness of project-based e- learning to improve ICT literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), pp. 51– 55. doi: 10.15294/jpii.v5i1.5789.

Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications.

Lestari DP, Fatchan A, Ruja I.N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman: 475—479

Nisa, A. R. K., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pjj Terhadap Pemahaman Materi.

Putra, I. W. H., Matsum, J. H., & Utomo, B. B. (2014). Pengaruh Proses Pembelajaran Perkoperasian terhadap Minat Berkoperasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Koperasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8).

Sefaverdiana, P. V., Prasetyo, N. E., & Sari, L. (2019). Penerapan Project-Based Learning dalam Mengembangkan Jiwa Berbudiutama Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. 3(2), 109–116. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n2.p109-116

Tran, T. N. (2019). Designing the learning project of “the implementation of mathematics on evaluating the effects of tax on the consumer, producers and the authorities’’ policy in teaching advanced mathematics for economics students. Journal of Educational Sciences, 23, 27–32


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dhea Clara Salshabella, Gilang Ramadhan, Dika Melia Febrianti, Mufidatul Laila Mufassaroh

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141