Inovasi Penerapan Kurikulum Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Artikel ini bertujuan mendeskripsikan inovasi pengembangan kurikulum pembelajaran ekonomi di sekolah menengah atas berdasarkan pada tinjauan teoritis. Penelitian dilakukan dengan metode library research yaitu menelaah berbagai sumber pustaka terkait pengembangan kurikulum dan disusun secara runtun dan terarah. Hasil penelitian menunjukan inovasi kurikulum dalam pembelajaran ekonomi di sekolah menengah atas penting dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan zaman. Selama ini siswa hanya diajarkan teori tentang perekonomian tanpa dihubungkan dengan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat empat strategi inovasi kurikulum yaitu strategi fasilitatif, strategi pendidikan, strategi bujukan (persuasive strategy) dan strategi paksaan. Selanjunya terdapat lima hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan inovasi kurikulum yaitu inovasi kurikulum dirumuskan secara jelas dengan landasan kuat, metode pengembangan kurikulum partisipatif, terdapat alternatif pilihan untuk mempermudah penerapan inovasi, penggunaan data dan informasi nyata mengena kondisi dan situasi lembaga pendidikan.
Kata Kunci: Pengembangan, kurikulum, inovasi.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. (2017). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Azis, R. (2018). Implementasi pengembangan kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44-50.
Cahyono, A. E. (2017). Evaluasi pelaksanaan authentic assessment berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran ekonomi di SMA Islam Al-Hidayah Jember. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 5(1), 1.
Fajri, K. N. (2019). Proses pengembangan kurikulum. Islamika, 1(2), 35-48.
Fathurrochman, I., Adilah, P., Anjriyani, A., & Prasetya, A. Y. (2022). Pengelolaan Manajemen Sekolah Yang Efektif. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1363-1374.
Fatimah, I. F. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16-30.
Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2020). The economic impacts of learning losses. OECD Education Working Papers No. 225.
Indra Gunawan, H., Anwar, S., & Anggara, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran dan Pendidikan Ekonomi. Unpam Press, 1(1), 1.
Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1–26.
Krippendorff, K. (2018). Content Analysis (An Introduction to Its Methodology). In SAGE Publication International Educational Professional Publisher (Vol.2).
Lemay, J., & Moreau, P. (2020). Managing a curriculum innovation process. Pharmacy, 8(3), 153.
Moleong, Lexy. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prahara, R. S., & Jamil, A. S. (2018). Konsep Pembelajaran Ekonomi Berbasis Ekonomi Kreatif. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 1(1), 7-18.
Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., ... & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rasyidi, M. (2019). Inovasi Kurikulum Di Madrasah Aliyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 33.
Riyadi, R., Sutrisno, & Permatasari, I. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Moralitas. Jurnal Edueco, 3(1), 33–42.
Rosy, B. (2018). School based management; keefektifan kurikulum pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Madiun. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1).
Sa’ud, US. (2011). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Simarmata, J., Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., ... & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sukariyadi, Teja, I. (2022). Manajemen Kurikulum. Banyumas: Pena Persada.
Wahyuni, S., & Kurniawati, T. (2019). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Berakreditasi A Di Kota Solok (Studi Kasus Pada SMA N 4 Solok). Jurnal EcoGen, 2(4), 706-714.
Wahzudik, N. (2018). Kendala dan rekomendasi perbaikan pengembangan kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(2), 87-97.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Riyan Yuliyanto, Rizka Andriyati
Address:
Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1
Bandar Lampung City 35141