Analisis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah

Dyanti Mahrunnisya

Abstract


Pengembangan pendidikan tidak dapat dipisahkan, dari tanggung jawab pendidik, bagaimana pendidik merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan serta mengevaluasi kegiatan pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tidak dapat di hindari dalam proses pembelajaran. Pendidik tidak hanya memberikan pengetahuan kepada peserta didik namun harus mampu menentukan instrumen evaluasi sebagai bentuk mengontrol kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk membahas beberapa instrument evaluasi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data sekunder sumber referensi dari buku, website, dan jurnal baik nasional dan internasional. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Evaluasi mencakup kegiatan merencanakan, melaksanakan penilaian, mengolah, dan menganalisis hasil penilaian. Melakukan evaluasi merupakan kegiatan yang dapat membantu pendidik untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan kegiatan ini pendidik mampu menemukan kelebihan dan kekurangan di dalam pembelajaran, sehingga dapat dapat menemukan solusi atau metode lain yang bisa menjadikan tolok ukur bagi pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Kata kunci:, Evaluasi Pembelajaran, Instrumen

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v3i2.92-98


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z.2016. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrul, Ananda, R. dan Rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media

Djaali, M., Pudji. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan .Jakarta : Penertbit PT Grasindo.

Jihad, A., Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mudjijo. 1995.Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan : Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan di Sekolah . Malang: UIN-Maliki Press

Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahardjo, S., Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Tekhnik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise

Rahman, A.A., Nasryah, C.E. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Ratnawulan, E., Rusdiana, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung : Pustaka Setia.

Rusilowati, A. 2013. Pengembangan Instrumen Non Tes. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan.

Syah, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Sutomo. 1995. Teknik Penilaian Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu.

Uman, S. 2007. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Madani Production.

Widiyanto, J. 2018. Evaluasi Pembelajaran: Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Madiun: Unipam Press

Widoyoko, E.P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dyanti Mahrunnisya

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141