Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X IPS MAN 2 Bandar Lampung
Ririn Novita Sari, Syaiful M, Valensy Rachmedita
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X IPS MAN 2 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif, informan yang dijadikan objek penelitian adalah Siswa Kelas X IPS MAN 2 Bandar Lampung. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner atau angket, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran online pada mata pelajaran sejarah di kelas X IPS MAN 2 Bandar Lampung termasuk kategori kurang positif, dengan perolehan skor rata-rata sebesar 77,74 dengan persentase skor 62,19% dari masing-masing indikator bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi yang kurang positif terhadap pembelajaran online pada mata pelajaran sejarah baik dari aspek keterarikan (Presentase 47,37%), motivasi (Presentase 57,89%), kepuasan (Presentase 65,79%), penilaian (Presentase 52,63%), dan tanggapan (Presentase 65,79 %).
Darin E. Hartley, 2001. Selling eLearning, American Society for Training and Development.
Sudjana dan Ibrahim. 2007. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono,2011.Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
Annah, T. 2011. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah Di SMA Se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun 2011 (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Social Science Education