Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP N 36 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020

Elliyen Sutrisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model make a match terhadap hasil belajar IPS pada siswa SMP 36 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quashi experiment, sedangkan teknik pengambilan data penelitian yang digunakan yakni tes hasil belajar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP 36 Bandar Lampung  dengan sampel yang digunakan berjumlah 35 siswa. Data setelah terkumpul dianalisis dengan menggunakan paired sampel statisti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran make a match menunjukkan nilai signifikansi 0,000 pada kelas make a match tes awal dan tes akhir dan dari distribusi frekuensi terdapat 0 siswa dengan niali sangat tinggi, 25 siswa dengan nilai tinggi, 10 siswa dengan nilai sedang, dan untuk nilai rendah dan sangan rendah terdapat 0 siswa pada tes awal. Pada tes akhir dari distribusi frekuensi terdapat 23 siswa dengan nilai sangat tinggi, 10 siswa dengan nilai tinggi, 2 siswa dengan nilai sedang, dan untuk nilai rendah dan sangat rendah terapat 0 siswa. Hal ini berarti kedua data tersebut terdapat perbedaan diantara pretest dengan posttest. Mengingat bahwa kriteria uji paired samples test adalah jika nilai signifikansi (2tailed) kurang dari 0, 005 maka data tersebut memiliki perbedaan pada hasilnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model make a match memberikan pengaruh terhadap hasil pembelajaran IPS di SMP 36 Bandar Lampung.

Kata Kunci : Pengaruh, Make A Match.

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v1i2.99-107


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Social Science Education

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141