Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Melinting Tahun Ajaran 2019/2020

Angga Andri Setiawan, Maskun Maskun, Myristica Imanita

Abstract


Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mengembangkan segala kemampuan potensi yang dimiliki oleh seorang individu. Untuk tercapainya hasil belajar yang maksimal dapat dipengaruhi oleh faktor ekstern dan intern, salah satu faktor intern yaitu kedisiplinan pada siswa. Dalam hal ini, kedisiplinan memerankan peranan penting dalam proses belajar yang berpengaruh  terhadap hasil belajar siswa, dalam pengamatan langsung di sekolah SMAN 1 melinting terdapat beberapa siswa yang menunjukan sikap tidak disiplin terhadap aturan-aturan yang telah di tetapkan oleh sekolah dengan ini peneliti tertarik melakukan penelitian dengan Rumusan masalah” Apakah ada pengaruh Kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Melinting tahun ajaran 2019/2020”. Penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Melinting. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode quisioner (angket), metode dokumentasi, pengamatan atau observasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi dari responden, jenis angket langsung dan bersifat terbuka yaitu jenis angket yang sudah disediakan jawabannya. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus product moment populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Melintig tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 55 siswa Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda kedisiplinan berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa dengan nilai koefesien determinasi (RSquare) sebesar 0.680 yang mengandung pengertian bahwa kedisiplinan berpengaruh sebesar 68% terhadap hasil belajar siswa, dari 5 indikator kedisiplinan siswa indikator ketaatan terhadap tugas tugas pelajaran berpengaruh paling tinggi sebesar 20.7%.

Kata Kunci: Pengaruh, kedisiplinan siswa, hasil belajar

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v3i2.105-116


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Social Science Education

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141