Pengaruh Penilaian Autentik Terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran PPKn
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui Pengaruh Penilaian Autentik Terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PPKn SMP Negeri 1 Tulang Bawang Tengah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 126 peserta didik, dengan sampel diambil sebesar 25% berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase, regresi sederhana dan diolah dengan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil yang didapat menunjukkan adanya Pengaruh Penilaian Autentik Terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PPKn SMP Negeri 1 Tulang Bawang Tengah.
Kata Kunci: Penilaian Autentik, Disiplin Belajar, Mata Pelajaran PPKn
Full Text:
PDFReferences
Asriati, Nur’aini. Membangun dan Mengembangkan Pendidikan Nilai,Pembentukan Karakter, dan Pembiasaan Sikap Siswa Melalui Pembelajaran Aktif. Jurnal Cakrawala Kependidikan Vol 8, No 1 (2010):JCK Maret 2010
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT. Bineka Cipta.
Aryani, Ine Kusuma & Markum Susatim. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia.
Azra, A. 2015. Civic Education at Public Islamic Higher Education (PTKIN) and Pesantren. TARBIYA: Journal of Education In MuslimSociety, 2(2), 167-177.
Kosasih. (2014). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Mahendra, Agus. 2008. Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Hal. 237. Bandung: Interes Media.
Mujono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Quigley, N. Charles & Charles F. Bahmueller. 1991. CIVITAS: A Framework for Civic Education. Calabasas, CA: Center for Civic Education.
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta. Kencana Prenada Media.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Zamroni. 2013. Pendidikan Demokrasi. Yogyakarta: Ombak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Social Science Education
Address:
Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1
Bandar Lampung City 35141