Pembelajaran Sejarah Berbasis Internet dan Gawai Di SMA Negeri 3 Martapura Kabupaten Oku Timur
Alhuda Firman Paringja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sejarah berbasis internet dan gawai serta faktor pendukung serta penhambat pembelajaran sejarah berbasis internet dan gawai di SMA Negeri 3 Martapura Kabupaten OKU Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa (deskripsi). Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, display data, kategorisasi dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan pembelajaran sejarah yang berbasis internet dan gawai di SMA Negeri 3 Martapura Kabupaten OKU Timur dalam pembelajaran sejarah semua guru sejarah menggunakan model pembelajaran daring secara sinkron, yaitu aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajarannya dan pelaksanaan pola pembelajaran sejarah yang berbasis internet dan gawai guru mengacu pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus disease (Covid-19) yaitu Belajar dari Rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dengan tetap berpedoman pada Permendikbud Nomor 119 tahun 2014. Faktor pendukung pembelajaran sejarah yang berbasis internet dan gawai meliputi; gawai yang memadai, manajemen pendidikan yang baik, SDM (Sumber Daya Manusia) pada guru serta siswa. Faktor penghambat pembelajaran sejarah yang berbasis internet dan gawai meliputi; koneksi internet, gawai yang kurang memadai, kemampuan siswa dalam mengopersikan aplikasi/softwoare, dan kurangnya support belajar dari orang tua.