Apresiasi sastra melalui pembelajaran tematik di Sekolah Dasar
Abstract
Apresiasi sastra merupakan pembelajaran bahasa Indonesia yang terdapat di Sekolah Dasar. Apresiasi melibatkan pikiran, perasaan, penghayatan, analisis, evaluasi, hingga deskripsi. Mengapresiasi puisi berarti sadar akan nilai mengenai puisi. Pembelajaran apresiasi sastra hendaknya disesuaikan dengan tema yang diberikan. Tujuan penelitian dimaksudkan untuk memahami dan mengaplikasikan pembelajaran apresiasi sastra melalui pembelajaran tematik terpadu. Hasil dan pembahasan dapat dikatakan bahwa pembelajaran apresiasi sastra dapat diimplementasikan melalui pembelajaran tematik.
Kata kunci: Apresiasi, Sastra, Pembelajaran, dan Tematik
Full Text:
PDFReferences
Abi, Mubarok. (2021). Pembelajaran Puisi yang Bermakna Di Sanggar Sastra Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 04, No, 1, hal 130
Ali, Armadi. (2017). Pendekatan Scientific Dalam Pembeljaran Tematik Terpadu Di SD. Jurnal Autentic. Vol. 1, No. 1, 55-67
Andi, Komarah Faudilah dkk. (2018). Analisis Gaya Bahasa Dalam Puisi Anak. Pedadidaktika -Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 5, No. 3, Hal 2
Diana, Puspa Karitas, dkk.. (2017). Cita-Citaku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.
Faidah. (2018). Sastra Anak: Mengubah Paradigma Kekerasan dan Seksualitas pada Karya Sastra Anak Indonesia. Jurnal kredo. Vol, 2 no. 1. Oktober 2018.
Irdamurni, dkk.. (2019). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Dini Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol VII, No. 1, hal 46
Pengembang KKBBI Daring (2016). KBBI Daring Edisi Kelima. Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.
Resmini, N. (2010). Sastra Anak dan Pengajarannya Di Sekolah Dasar. File.Upi.Edu. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv23i2.pp189-202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats