Apresiasi sastra melalui pembelajaran tematik di Sekolah Dasar

Amy Sabila, Lisdwiana Kurniati, Dessy Saputry

Abstract


Apresiasi sastra merupakan pembelajaran bahasa Indonesia yang terdapat di Sekolah Dasar. Apresiasi melibatkan pikiran, perasaan, penghayatan, analisis, evaluasi, hingga deskripsi. Mengapresiasi puisi berarti sadar akan nilai mengenai puisi. Pembelajaran apresiasi sastra hendaknya disesuaikan dengan tema yang diberikan. Tujuan penelitian dimaksudkan untuk memahami dan mengaplikasikan pembelajaran apresiasi sastra melalui pembelajaran tematik terpadu. Hasil dan pembahasan dapat dikatakan bahwa pembelajaran apresiasi sastra dapat diimplementasikan melalui pembelajaran tematik.


Kata kunci: Apresiasi, Sastra, Pembelajaran, dan Tematik


Full Text:

PDF

References


Abi, Mubarok. (2021). Pembelajaran Puisi yang Bermakna Di Sanggar Sastra Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 04, No, 1, hal 130

Ali, Armadi. (2017). Pendekatan Scientific Dalam Pembeljaran Tematik Terpadu Di SD. Jurnal Autentic. Vol. 1, No. 1, 55-67

Andi, Komarah Faudilah dkk. (2018). Analisis Gaya Bahasa Dalam Puisi Anak. Pedadidaktika -Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 5, No. 3, Hal 2

Diana, Puspa Karitas, dkk.. (2017). Cita-Citaku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

Faidah. (2018). Sastra Anak: Mengubah Paradigma Kekerasan dan Seksualitas pada Karya Sastra Anak Indonesia. Jurnal kredo. Vol, 2 no. 1. Oktober 2018.

Irdamurni, dkk.. (2019). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Dini Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol VII, No. 1, hal 46

Pengembang KKBBI Daring (2016). KBBI Daring Edisi Kelima. Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Resmini, N. (2010). Sastra Anak dan Pengajarannya Di Sekolah Dasar. File.Upi.Edu. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv23i2.pp189-202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats