Penggunan gaya bahasa repetisi dalam film animasi anak-anak di channel youtube nussa official

Ani Diana, Suherman Suherman, Rohmah Tussolekha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa repetisi dalam film kartun animasi di channel youtube Nussa Official. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan kalimat dari hasil transkripsi film kartun animasi di channel youtube Nussa Official yang mengandung gaya bahasa repitisi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, dan selanjutnya metode untuk analisis data menggunakan padan ortografis. Hasil analisis dan pembahasan dapat diketahui bahwa dalam tayangan film animasi anak di youtube channel Nussa Official banyak digunakan gaya bahasa repetisi, yaitu: epizeuksis terdapat 5 kutipan, anafora 6 kutipan, epistrofa 5 kutipan, simploke (syimploke) 4 kutipan¸ mesodiplosis 4 kutipan, epanalepsis 5 kutipan, dan anadiplosis 4 kutipan. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan gaya bahasa repetisi yang memiliki fungsi untuk menekankan atau mempertegas pesan-pesan yang akan disampaikan berupa nilai-nilai pendidikan yang islami melalui tayangan film kartun animasi anak di channel youtube Nussa Official.

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Deni., dkk.(2006). Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI Press.

Faiqah, T., dkk. (2016). “Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram.” Jurnal Komunikasi KAREBA 5 (2). 259-272. DOI:https://doi.org/10.31947/kareba.v5i2

Gorys Keraf. (2016). Diksi dan Gaya Bahasa. (cetakan keduapuluh satu). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Izhar. (2018). Metode Pembelajaran dalam Emapt Keterampilan Ber-bahasa: Teori dan Penerapannya. (edisi revisi). Bandar Lampung: Aura Anugrah Utama Raharja.

Kesuma, T




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv23i2.pp147-157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats