Kajian sosiologi sastra dalam novel jejak sang pencerah karya Didik L. Hariri

Siswanto Siswanto, Yessi Fitriani, Puspa Indah Utami

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) sosiologi pengarang; (2) sosiologi karya sastra; (3) sosiologi pembaca. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Jejak sang Pencerah karya Didik L. Hariri. Teknik pengumpulan data mempergunakan teknik studi pustaka, membaca dan menganalisis. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, membandingkan penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian sekarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Jejak sang Pencerah karya Didik L. Hariri mengandung aspek sosiologi sastra berupa sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra dan sosiologi pembaca. Aspek sosiologi pengarang berhubungan dengan sosiologi tokoh utama, seorang pemimpin dan seorang pendidik. Aspek sosiologi karya sastra diungkap secara lengkap antara lain: aspek sosial religius, sosial ekonomi, sosial politik, sosial pendidikan dan sosial etika. Aspek sosiologi pembaca diungkap tentang dampak sosial bagi masyarakat pembaca.

 

Kata kunci: sosiologi pengarang, karya sastra, pembaca


Full Text:

PDF

References


Aisyah, T., Restu Wahyuni, & Wikanengsih. (2019). Analisis Novel Saman Karya Ayu Utami; Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 2 No 2.

Kosasih, E. (2014). Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Majid, A. (2019). Representasi Sosial dalam Film "Surat Kecil Untuk Tuhan" (Kajian Semiotikan dan Sosiologi Sastra). Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol 2 No 2.

Mulyono, D. (2018). Sosiologi. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Octaviana, D. W. (2018). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Uhibbbuka Fillah (Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum. Jurnal Kata, Vol 2 No 2.

Septiana, H. (2020). Kajian Struktural dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hayya Karya Helvi Tiana Rosa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 2, 11-38.

Sutejo, & Kasnadi. (2016). Sosiologoi Sastra. Yogyakarta: Terakata.

Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Untung, M. S. (2015). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera.

Wiyatmi. (2013). Teori dan Kajian Terhadap Sastra Indonesia. Kanwapublisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv23i2.pp158-169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats