Upaya Pemertahanan Bahasa Konjo di Desa Lana Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pemertahanan bahasa konjo di Desa Lana Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, subjek penelitian penduduk asli, usia lebih dari 17 tahun, Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan didukung dengan handphone dan alat tulis (buku dan pulpen). Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dan pembahasan menujukkan bahwa upaya pemertahanan bahasa Konjo di Desa Lana terdiri atas tiga upaya, yaitu ranah keluarga, ketetanggaan, dan ranah kerja. Ranah keluarga merupakan bagian inti dalam proses pemertahanan bahasa. Pemertahanan bahasa Konjo yang dilakukan masyarakat dalam lingkup ketetanggaan masih terus dipegang teguh hingga saat ini. Ranah kerja merupakan loyalitas atau kesetiaan terhadap penggunaan bahasa Konjo yang dilakukan oleh penutur dan mitra tutur di Desa Lana. Kesimpulan penelitian bahasa Konjo dalam ranah keluarga merupakan bagian inti dalam proses pemertahanan bahasa di Desa Lana, Kedua, pemertahanan bahasa Konjo dalam ranah ketetanggaan atau lingkungan sosial adalah salah satu upaya yang dilakukan masyarakat Konjo dalam mempertahankan bahasanya. pemertahanan bahasa Konjo dalam ranah jual beli merupakan loyalitas atau kesetiaan terhadap penggunaan bahasa Konjo yang dilakukan oleh P1 dan P2 di Desa Lana.
Full Text:
PDFReferences
Andini, C. C. P. (2019). Perbandingan Ciri Akustik Bahasa Indonesia, Bahasa Makassar, dan Bahasa Konjo (Kajian Linguistik Komparatif). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Chaer, A. (2006). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djidu, H., Mashuri, S., Nasruddin, N., Sejati, A. E., Rasmuin, R., Ugi, L. E., & Arua, A. La. (2021). Online learning in the post-Covid-19 pandemic era: Is our higher education ready for it? Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 5(1), 92–104.
Harianto, E., Nursalam, L. O., Ikhsan, F. A., Zakaria, Z., Damhuri, D., & Sejati, A. E. (2019). The compatibility of outdoor study application of environmental subject using psychological theories of intelligence and meaningful learning in senior high school. Geosfera Indonesia, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9903
Herawati. (2016). Pemertahanan bahasa konjo di tengah desakan bahasa bugis di daerah buffer stard. Bahasa Nusantara, 2 (11), 47-52.
HL, N. I., Saputra, I. G. P. ., Sejati, A. E., & Syarifuddin. (2020). Developing teaching material Bajo’s local wisdom sea preservation Thomson-Brooks/Cole Model. JPI, 9(3), 355–367. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.23234
Kasmiati, S., Purbaningsih, Y., Hasan, M., Sejati, A. E., & Chairuddin, C. (2020). The effect basic training to student’s environmental awareness character. Proceeding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable Coastal-Community Development, 1(0), 64–68. https://doi.org/10.31327/ICUSN-ADRI.V1I0.1140
Krispendoff, K. (1993). Analisis Isi Pengantar dan Teori Metodologi. Penerjamah Fraid Wajidi. Jakarta: Rajawali Press.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nursalam, L. O., Arisona, A., Harudu, L., Harianto, E., & Kasmiati, S. (2019). Mapping of subsurface geological structure and land cover using microgravity techniques for geography and geophysic surveys : A case study of maluri park, Malaysia. Geosfera Indonesia 4(3), 280–290.
Nursalam, L. O., Harianto, E., Hasan, M., & Sejati, A. E. (2019). Nilai-nilai dalam aktualisasi peningkatan karakter kepedulian lingkungan mahasiswa. Tunas Geografi, 8(2), 151–160. https://doi.org/10.24114/tgeo.v8i2.17190
Purbaningsih, Y., Tarmizi, A., Karim, A., Azzajjad, M. F., Djidu, H., & Sejati, A. E. (2021). The effect spouse support and mental attitude on the trade-fish economic recovery. Jurnal Manajemen, 25(3), 463–478. https://doi.org/10.24912/JM.V25I3.761
Sejati, A. E., Amaluddin, L. O., Hidayati, D. N., Kasmiati, S., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2017). The effect of outdoor study on the geography scientific paper writing ability to construct student character in senior high school. Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017), 104–108. https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.22
Sejati, A. E., Hasan, M., & Hidayati, D. N. (2019). The level participation in efforts mount kelud eruption disaster mitigation in East Java. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 100–106. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.27847
Sejati, A. E., Syarifuddin, S., Nasruddin, N., Miftachurohmah, N., Nursalam, L. O., & Hariyanto, E. (2021). The effectiveness of guided inquiry learning model with edmodo assisted to facilitate critical thinking skills. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 9(2), 204–219. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i2.4260
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet-26. Bandung: Alfabeta.
Sukariasih, L., Saputra, I. G. P. E., Ikhsan, F. A., Sejati, A. E., & Nisa, K. (2019). Improving the learning outcomes of knowledge and inquiry skill domain on third grade students of smp negeri 14 Kendari through the guided inquiry learning model assisted by science kit. Geosfera Indonesia, 4(2), 175–187. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10097
Wakari, R.B. (2017). Penggunaan Jargon di Kalangan Waria Kota Bitung. Kajian Linguistik, 4(4), 1-19.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv23i2.pp232-250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats