Pengembangan modul pembelajaran menulis teks berita berbasis metode karyawisata

Muhammad Fuad, Edi Suyanto

Abstract


Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan kerja sama antara seluruh indra dan pikiran untuk menghasilkan informasi yang benar. Khusus dalam menulis berita, terdapat kaidah-kaidah yang harus dipatuhi agar tulisan yang dibuat memiliki nilai berita, di antaranya, unsur 5W + 1H. Permasalahan penelitian ini adalah siswa belum mampu menulis teks berita karena kurangnya sumber belajar yang memadai. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa modul menulis teks berita yang berbasis metode karyawisata. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan Borg & Gall yang mencakup tiga langkah, yaitu (1) penelitian pendahuluan, (2) pengembangan dan validasi, dan (3) uji coba dan revisi. Penelitian ini melibatkan sejumlah siswa dan guru yang berasal dari tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Dengan modul hasil pengembangan yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi, peneliti melakukan uji coba. Selain itu, dengan desain one group pretest posttest peneliti mengolah data perbedaan nilai siswa sebelum dan setelah penggunaan modul pembelajaran menulis teks berita hasil pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dapat menjawab tantangan belajar siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis teks berita. Dengan penerapan metode karyawisata, siswa dapat mengelaborasi hasil observasi dengan pancaindra dan pikiran mereka untuk menulis teks berita.


Full Text:

PDF

References


Alelaimat, A. R. (2012). The Effect of Educational Modules Strategy on the Direct and Postponed Study ’ s Achievement of Seventh Primary Grade Students in Science , in Comparison with the Conventional Approach. Higher Educatiob Studies, 2(2), 40–60. https://doi.org/10.5539/hes.v2n2p40

Andriani, L., Ellizar, & Andromeda. (2013). Penyusunan dan Uji Kelayakan Modul Termokimia Kelas XI R-SMA-BI. Jurnal Eksakta, 2, 117–123.

Asirika, D., & Refnaldi. (2017). Teaching Writing Narrative Texts By Using The Pictures of Pop Up BOOK as A Media To Juniour High School Students. Journal of English Language Teaching, 6(1), 242–251.

Bergström, A., & Belfrage, M. J. (2018). Nesw in Social Media. Digital Journalism, 6(5), 1–16. https://doi.org/10.1080/21670811.2018.1423625

Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1989. Educational Research: An Introduktion, Fifthy Edition. New York: Longman. Columbus: Merril Prentice Hall. CV.

Boesman, J., Berbers, A., Haenes, L. d’, & Group, B. Van. (2015). The news is in the frame : A journalist-centered approach to the frame-building process of the Belgian Syria fighters. Journalism, 1–19. https://doi.org/10.1177/1464884915610988

Budiono, E., & Susanto, H. (2004). Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Subpokok Bahasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal - Soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 79–87.

Clark, J. L., Algoe, S. B., & Green, M. C. (2018). Social Network Sites and Well-Being : The Role of Social Connection. Current Directions in Psylogical Science, 27(1), 32–37. https://doi.org/10.1177/0963721417730833

Diani, F., Permana, H., Ibrahim, & Sarah, P. (2012). Kajian Sistem Informasi Prakiraan Cuaca BMKG pada BMKG Bandung. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (Vol. ISSN: 1907, pp. 15–16).

Dwijayanti, M. I., Sutama, I. M., & WIsudariani, N. M. R. (2015). ANALISIS BAHAN AJAR MENULIS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANJAR. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–11.

Effendy, R. (2016). Mengukur Objektivitias Liputan Media dengan Rumus Coeffient of Imbalance. Jurnal Nomosleca, 2(1).

Estunoho, Festiyed, & Bentri, A. (2019). Plemininary Research of Developing a Research - Based Learning model Integrated by Scientific Apprach on Physics Learning in Senior High School. IOP: Journal Of Physics, 1185, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012041

Gee, C. (2019). Audience Preferences in Determining Quality News Production of Backpack Journalism. Journal Electronic News, 13(1), 34–55. https://doi.org/10.1177/1931243118792003

Gustarie, C., Hidayat, A., & Suherman, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 21–29.

Habibi, F., Eviyuliwati, I., & Kartowisastro, S. (2018). The Effect of Reflective Journal Writing on Students ’ Writing Ability o f Narrative Text. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 115(Icems 2017), 16–20.

Handiyani, P., & Hermawan, A. (2017). Kredibilitas Postal Berita Online dalam Pembelajaran Peristiwa Bom Sarinah Tahun 2016. Jurnal Komuniaksi, 12(2), 51–67.

Harahap, S. D., Fauzan, A., Elizar, & Arnawa, I. M. (2019). Preliminary Research Development Meta-Inquiry Learning Model in the Numbers Theory Course. IOP Conf. Series Journal Of Physics, 1387, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012134

Hermawan, Rusminto, N. E., & Suyanto, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita melalui Model Think Talk Write. J-Simbol (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya), (4), 1–10.

Husnul, A., & Rohilah. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Media Peta Konsep pada Siswa kelas VIII-H SMPN Kota Serang tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Membaca UNTIRTA, 3(2), 91–100.

Hutasoit, E., Purwanto, P., & Waruw, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Model Kooperatif Jigsaw pada Siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pancur Batu. Jurnal Darma Agung, 27(2), 1049–1056.

Idhartono, A. R., & Efendi, M. (2016). The Effect Of Field Trip Method Toward The Enhancement Of Social Interaction Ability Of Children. Jurnal P3LB, 3(1), 1–9.

Jafar, F. S., & Arifin, F. (2018). Penerapan Metode Karyawisata terhadap Kemampuan Berbahasa Ekspresif (Berbicara) Anak Usia 5 - 6 tahun di TK Darul Falah PONPES Samarinda Tahun Pembelajran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 03(01), 62–75.

Javed, M., & Juan, W. X. (2013). A Study of Students’ Assesments in Writing Skills of the English Language. International Journal of Instruction, 6(2), 129–144.

Kalsum, S., & Suryanti, D. S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata Perkembangan Nilai Moral Anak terhadap Aspek Perkembangan Nilai Moral Anak. Journal Of Islamic Early Chilhood Education, 2(1), 28–34.

Khatimah, H. (2018). Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Tasamuh, 16(1), 119–136.

Lawshe, C.H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Chicago: Personnel Psychology.

Lestari, R. A., Dewata, I., & Ellizar, E. (2019). Validity and Practicality of Buffer Solution Module Based on Discovery Learning With A Scientific Approach To Increase The Critical Thinking Ability Of 11th Grade High School Students. IOP Conf. Series Journal Of Physics, 1185. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012150

Malik, M. M., & Pfeffer, J. (2016). A Macroscopic Analysis of News Content in Twitter. Digital Journalism, 1–26. https://doi.org/10.1080/21670811.2015.1133249

Mardiati, E., & Noerhodijah, S. R. (2015). Penyusunan Modul Pembelajaran Jaringan Tumbuhan Berbasis Hakikat Sains. Jurnal Biodaktika, 10(2), 1–8.

Masitoh, S., & Suprijadi, D. (2015). Improving Students Ability in Writing Descriptive Text Using Genre Based Approach (GBA) at the Eight Grade Students of SMP Islam Terpadu Fitrah Insani. ELTIN JOURNAL, 3(1), 38–52.

Mellado, C., & Lagos, C. (2014). International Journal of Communication. International Journal of Communication, 8, 2090–2112.

Nawawi, S. (2017). Developing of Module Challenge Based Learning in Environmental Material to Empower the Critical Thinking Ability. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 212–223.

Nity, & Singh, G. (2017). Role and Impact of Media on Society: A Sociological Approach with Respect to Demonesation. IMPACT : International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 5(10), 127–136. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36312.39685

Nur, S. (2014). Kemampuan Menulis Teks Berita pada Peserta didik Kelas VIII MTs DDI Basseang. Jurnal Pepatuzdu, 7(1), 27–38.

Nursamsu, Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. JIPI ( Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 4(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.15546

Olivia, H., Warouw, D. M. ., & Senduk, J. J. (2019). Analisis Isi Berita Kekerasan Seksual di Media Online. Acta Diurna Komunikasi, 2(4), 1–10.

Pamungkas, Z. S., Wahyuni, S., & Prihandono, T. (2017). Kelayakan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal pada Pokok Bahasan Perubahan Benda di SMPN 1 Semboro Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 263–271.

Prabowo, C. A., Saptasari, M., Biologi, P., & Malang, P. N. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendiidka : Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(6), 1090–1097.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4).

Purba, R. (2018). Improving the Achievement on Writing Narrative Text through Discussion Starter Story Technique. Advances in Language and Literary Studies ISSN: 2203-4714, 9(27–30), 0–3.

Putri, D. T., & Basri, I. (2014). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampian Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, 9(2), 1–9.

Putu, L., Gunatama, G., & Astika, I. M. (2017). Pembelajaran Menulis Teks Berita Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) di Kelas VIII E SMP Negeri 4 KUBUTAMBAHAN. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, 7(2).

Rahmawati, D. L. (2013). Penerapan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Karya Sastra (Cerpen). Anterior Jurnal, 13(1), 43–51.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Restendy, M. S. (2016). Daya Tarik Jurnalistik, PERS, Berita dan Perbedaan Peran dalam News Casting. Jurnal AL - HIKMAH, 4(2), 1–12.

Saputra, Y. H., & Gunansyah, G. (2014). Penerapan Metode Karyawisata untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 2(1), 1–10.

Sasongko, A. (2014). Perencanaan Aplikasi Rekam Data Cuaca Hasil Pengamatan Observer Stasiun Meteorologi BMKG berbasis website. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(2), 115–126.

Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 5(2), 71–75.

Suridah, Fajar, D., Fahrurozi, Anggraini, R., Ulfa, R., & Sonia. (2019). Pelaksanaan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 294–305.

Susilaningsih, N. M., Sutama, I. M., & Martha, I. N. (2015). Deskripsi Pembelajran Menulis Teks Berita dengan Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas VIII SMPLB B SLB Gianyar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–15.

Tyffani, D. M., Utomo, S. B., & Raharjo, S. B. (2017). Analisis Kelayakan Modul Kimia Berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transferring) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA. In “Strategi Pengembangan Pembelajaran dan Penelitian Sains untuk Mengasah Keterampilan Abad 21" (Vol. 21, pp. 74–80).

Wibowo, K. A. (2013). Improving Students Writing Ability in Narrative Text By Using Chronological 3D Pictures as Media. English Language Teaching Foeum, 2(1), 1–6.

Woolley, S. (2013). Constantly Connected : The Impact of Social Media and the Advancement in Technology on the Study Abroad Experience. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 4(2), 36–46.

Yandryati, J., Gumono, & Purwadi, A. J. (2017). Kemampuan Membacakan Teks Berita pada Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri Kota Bengkulu tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Korpus, 1(1), 68–72.

Yunus. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Kendari melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Bastra, 1(1), 1–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats