Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk multijenjang selalu bergerak dinamis mengikuti perkembangan manusia sebagai penglaku dan pemilik bahasa itu sendiri. Bahasa berkembang mengikuti pergerakan jaman. Oleh karena itu, kedinamisan rancangan pembelajaran bahasa juga turut serta didalamnya. Penyempurnaan Kurikulum 2006 ke Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia diletakkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis teks. Pembelajaran berbasis teks dirumuskan sebagai formula efektif untuk mensejajarkan pelaksanakan pendekatan ilmiah (pendekatan saintifik) sebagai teman sejati dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Teks yang diformulasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai pengejewantahan dari sistem budaya, sistem sosial, sistem kepribadian, dan sistem tingkah laku yang berlaku di masyarakat. Hadirnya konteks budaya (nilai, norma) dalam teks dapat ditunjukkan, misalnya pada teks laporan dan teks deskripsi. Hakikat dilaksanakannya pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks itu sendiri adalahpertama: melalui teks, kemampuan berpikir siswa dapat dikembangkan; kedua: materi pembelajaran berupa teks lebih relevan dengan karakteristik Kurikulum 2013 yang menetapkan capaian kompetensi siswa yang mencakupi ketiga ranah pendidikan: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks dimaknai sebagai pembelajaran yang mengantarkan peserta didik untuk dapat berpikir sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis.
Kata Kunci: pembelajaran bahasa Indonesia, teks, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Eka Sofia dan Yunita Fitri. 2015. Penyajian Kegiatan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Ilmiah (Saintific Approach) dalam Buku Teks Bahasa Indonesia (Kajian Telaah Buku Teks). Universitas Lampung: FKIP.
Brown,Douglas. 1994. Teaching by Principles (An Interactive Approach to Language Pedagogy). New Jersey:Prentice Hall regents.
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa (Dengan Pendekatan Komunikatif-Integratif). Bandung: Refika Aditama.
Mahsun M.S. 2014. Teks dalam Pemebelajran Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nunan, David. 1988. Syllabus Desaign. Oxford: Oxford University Press.
Rohmadi, Muhammad dan Slamet Subiyantoro. 2009. Bunga Rampai Model-Model Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni. Surakarta: Mata Padi Presindo.
Tarigan.Henry Guntur. 1993. Dasar-Dasar Kurikulum Bahasa. Bandung: Angkas.
________.1990. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa. Tarigan, Djago dan Henry Guntur Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wahono dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Erlangga
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats