Pengembangan Media Pembelajaran Konjugasi Bahasa Prancis Berbasis PowerPoint Interaktif

Sukma Ramadhan, Yonathan Winardi

Abstract


Mata pelajaran Bahasa Perancis semakin diminati oleh siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) karena menawarkan berbagai kesempatan dan manfaat bagi mereka baik untuk pekerjaan, studi lanjut, dan migrasi. Sebuah media pembelajaran berupa powerpoint interaktif untuk belajar konjugasi kata kerja bahasa Prancis ternyata dibutuhkan di sebuah sekolah swasta Jakarta Selatan yang menggunakan kurikulum internasional dan juga di komunitas guru bahasa Perancis. Artikel ini akan memaparkan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation yang akhirnya menghasilkan sebuah media pembelajaran siap pakai dengan nama Conjugation Wheel Interactive PowerPoint (CWIPPT). 3 ahli teknologi pembelajaran, desain, dan bahasa Perancis dengan pengalaman lebih dari 5 tahun memvalidasi CWIPPT dan telah dilakukan perbaikan-perbaikan minor setelah ujicoba mikro dengan 14 siswa/i pada akhir September 2024. Setelah didiseminasikan di sebuah seminar dan lokakarya pendidikan pada bulan November 2024, ujicoba makro dilakukan dengan 172 siswa/i yang berasal dari 4 sekolah negeri di Jakarta Selatan. CWIPPT memiliki audio visual, kuis daring, serta video-video belajar mandiri. Peneliti menggunakan lembar tes pemahaman konjugasi kata kerja, lembar kuesioner, dan juga lembar pedoman wawancara dalam penelitian R&D ini. Hasil pengembangan media CWIPPT menunjukkan bahwa media ini diterima dengan sangat baik serta memotivasi siswa/i kelas XI untuk belajar konjugasi kata kerja bahasa Prancis karena terjadi keterlibatan (engagement) serta kemandirian belajar (self-directed learning). Ke depannya, CWIPPT dapat dibuat dalam bentuk aplikasi di gawai sehingga manfaat dan kebergunaannya dapat menjangkau lebih banyak siswa/i baik di Indonesia maupun di dunia. 

Full Text:

PDF

References


Alkhairi, K. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif untuk mata pelajaran keterampilan menyimak bahasa Prancis di SMA Angkasa 1 Halim siswa kelas X (Skripsi). Universitas Negeri Jakarta. Retrieved from http://repository.unj.ac.id/38563/1/COVER.pdf

Baidlowi, A., dkk. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint untuk pembelajaran nahwu kelas VIII di MTs Darul Hikam Cirebon. El-Ibtikar Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 38-66. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v12i1.13300

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Athens: Springer.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Kuswanto, J. d. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curiculum and Educational Technology, 58-64. https://doi.org/10.15294/IJCET.V6I2.19335

Le Moullec, M. &. (2006). Konjugasi Verba Perancis Versi 5.0. Jakarta: Enrique Indonesia.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam, 27-33. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.310

Marzuki, D. (2012). Language Acquisition: The Influential Factors And Its Connection With Age . Journal Polingua, 10-13. https://doi.org/10.30630/polingua.v1i1.44

Ramansyah, W. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Tema Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Peseta didik Sekolah Dasar. Jurnal Imiah EDUTIC, 28-37. https://doi.org/10.21107/edutic.v3i1.2558

Resiani, N. K. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP N 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal EDUTECH, 3(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5929

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan (Edisi Pertama). Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats