Pengembangan Materi Ajar Production Écrite Débutante Menggunakan Aplikasi Adobe Creative Cloud Express
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Production Écrite Débutante untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam bahasa Perancis menggunakan aplikasi Adobe Creative Cloud Express. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Branch dengan prosedur analisis kebutuhan mahasiswa dan buku Tendances A1 yang digunakan pada mata kuliah Production Écrite Débutante. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan kesalahan dalam menentukan struktur kalimat, konjugasi kata kerja se pronominal "s'appeller", dan l’article défini. Pada tahap design, prosesnya adalah menyiapkan materi dengan tema “Se Présenter” dan “Présenter Quelqu’un”. Pada tahap pengembangan, materi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Adobe Creative Cloud Express dikembangkan dengan dukungan ahli materi dan ahli media hingga materi dan media yang dikembangkan dinyatakan valid. Hasil validasi oleh ahli materi dengan skor rata-rata 90% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil validasi oleh ahli media dengan skor rata-rata 90% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Adobe Creative Cloud Express dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Produksi Tertulis Pemula.
Full Text:
PDFReferences
Aji, A. V. S., & Siswanto, I. (2021). Pengembangan Video Tutorial Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Animate CC. Jurnal Taman Vokasi, 9(2), 141-148.
Benoit, Nelly. 2011. Cadre Européen Commun de Reference Pour les Langues : Apprendre, Enseigner, Evaluer. Paris: Les Éditions Didier.
Eviyanti, E., Pramuniati, I., Irwandy, I., & Sa’dah, W. (2021). Teaching Production Écrite Débutante Using Interactive Quizziz Game Learning Media. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(4), 1177-1192.
Girardet Jacky., Jacques Pécheur., C Gibbe (2016). Tendances A1. Italie : CLE International.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.
Yoga, P., Endry, B., & Fathiaty, M. (2020). The Use of Adobe Animate As a New Technology in Teaching Academic Essay Writing in Darma Persada University. Journal GEEJ, 7(1), 1-11.
Hamon. Albert. 2007. Grammaire et Analyse. Paris : Hachette Livre.
Larkeche, L., & Belhadi, W. (2017). La production écrite chez les élèves en difficultés : motivations et solutions (Doctoral dissertation, Université Ahmed Draia-ADRAR).
Maribe. Robert Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Aproche. USA : Spinger.
Saldanha, Z. (2010). Production écrite en FLE des étudiants de la 1re année de Linguistique/Français de l’ISCED de Lubango. Littératures.
Soraya, T. R., Harianja, N., & Fibriasari, H. (2021). Material Development in Production Ecrite Intermediaire by Sipda to Improve the Writing Ability the Student of French Departement at Faculty of Languages and Arts at One of State Universities in Northen Island of Indonesia. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 3(2), 135-142.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License