Penggunaan Podcast dalam Keterampilan Menyimak Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa dalam bahasa Prancis sebelum dan sesudah diajar menggunakan podcast di kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian pre-experimental dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Analisis data menggunakan uji-t, uji n-gain, uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil data yang telah dikumpulkan diperoleh nilai pretest dengan nilai rata-rata 56,09 dan post-test memiliki nilai rata-rata 76,88. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh hasil peningkatan sebesar 20,79. Kemudian diperoleh nilai t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ada perbedaan nilai yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Diperoleh nilai n-gain sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori sedang.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Ban-dung: Refika Aditama.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Didier. (2001). Cadre europeen commun de reference pour les langues : ap-prendre, enseigner, evaluer. Strasbourg: Unité des Politiques.
Drèze,Wivine. (2015). Référentiel et test de positionnement pour le français langue étrangère et seconde (FLES). Bruxelles: Lire et Ecrire Communaut ét française
Gustiar, M., L. (2013). Media audio visual untuk meningkatkan kemampuan me-nyimak dongeng. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Lokabasa. 4(1).
Himmah, Rif’fatul dkk. (2021). Podcast sebagai media suplemen pembelajaran jarak jauh di era pandemik. Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu komu-nikasi efek. 5(1).
Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Ban-dung : Rosda.
Miftah, M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya pening-katan kemampuan belajar siswa. Jurnal kwangsan. 1(2).
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajara, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Refrensi (GP Press Group).
Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian: Skripsi, Thesis, Disertasi dan Karya Ilmi-ah. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Novikasari, I. 2016. Uji Validitas Instrumen. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Putri, G. P. (2015). Penggunaan Media Lagu Berbahasa Prancis Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 9 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rachmawati dan Kurniawati, A. (2020). Pengembangan instrumen penilaian tes berbasis mobile online pada prodi pendidikan matematika. Prima : Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1) : 46-63.
Sanaky, D. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sultan, M., & Akhmad, A (2020). Media podcast terhadap kemampuan me-nyimak. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 4(1).
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zellatifanny, C. M. (2020). Tren diseminasi konten audio on demand melalui podcast: sebuah peluang dan tantangan di Indonesia. Jurnal Pekommas. 5(2) : 117-132.
Zikrillah, R. (2020). Aplikasi Klip Video Lagu Bahasa Prancis untuk Tingkat A1 dalam CECRL pada Keterampilan Menyimak bagi Siswa di Smk Krida Wisata Bandar Lampung 2019. Skrpsi. Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License