Penggunaan Podcast dalam Keterampilan Menyimak Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai

Katherine Citra Handayani Sitorus, Diana Rosita, Diana Rosita, Indah Nevira Trisna, Indah Nevira Trisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa dalam bahasa Prancis sebelum dan sesudah diajar menggunakan podcast di kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian  pre-experimental  dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Analisis data menggunakan uji-t, uji n-gain, uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan program  SPSS 22. Berdasarkan hasil data yang telah dikumpulkan diperoleh nilai pretest dengan nilai rata-rata 56,09 dan post-test memiliki nilai  rata-rata 76,88. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh hasil peningkatan sebesar 20,79. Kemudian diperoleh nilai t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ada perbedaan nilai yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Diperoleh nilai n-gain sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori sedang.

 

 

 

 


 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Ban-dung: Refika Aditama.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Didier. (2001). Cadre europeen commun de reference pour les langues : ap-prendre, enseigner, evaluer. Strasbourg: Unité des Politiques.

Drèze,Wivine. (2015). Référentiel et test de positionnement pour le français langue étrangère et seconde (FLES). Bruxelles: Lire et Ecrire Communaut ét française

Gustiar, M., L. (2013). Media audio visual untuk meningkatkan kemampuan me-nyimak dongeng. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Lokabasa. 4(1).

Himmah, Rif’fatul dkk. (2021). Podcast sebagai media suplemen pembelajaran jarak jauh di era pandemik. Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu komu-nikasi efek. 5(1).

Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Ban-dung : Rosda.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya pening-katan kemampuan belajar siswa. Jurnal kwangsan. 1(2).

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajara, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Refrensi (GP Press Group).

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian: Skripsi, Thesis, Disertasi dan Karya Ilmi-ah. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Novikasari, I. 2016. Uji Validitas Instrumen. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Putri, G. P. (2015). Penggunaan Media Lagu Berbahasa Prancis Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 9 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachmawati dan Kurniawati, A. (2020). Pengembangan instrumen penilaian tes berbasis mobile online pada prodi pendidikan matematika. Prima : Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1) : 46-63.

Sanaky, D. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sultan, M., & Akhmad, A (2020). Media podcast terhadap kemampuan me-nyimak. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 4(1).

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zellatifanny, C. M. (2020). Tren diseminasi konten audio on demand melalui podcast: sebuah peluang dan tantangan di Indonesia. Jurnal Pekommas. 5(2) : 117-132.

Zikrillah, R. (2020). Aplikasi Klip Video Lagu Bahasa Prancis untuk Tingkat A1 dalam CECRL pada Keterampilan Menyimak bagi Siswa di Smk Krida Wisata Bandar Lampung 2019. Skrpsi. Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats