Penggunaan Situs Internet Youtube Emel Sur untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Prancis

Zusuf Amien, Asmi Mauyana

Abstract


RÉSUMÉ

 

Cette étude vise à savoir l'efficacité du site youtube "Emel Sur" pour augmenter la comprétence de la production écrite d’un essai descriptive en français. C’est une recherche pre-expérimentale utilisant le design de one groupe pretest-posttest. La population de cette recherche est tous des étudiants de la classe X SMA N 16 Bandar Lampung, tandis que l'échantillon de cette étude était composé de X MIA 1 totalisant 32 élèves. Le test d’essai a été utilisé comme instrument de recherche.  Et, le résultat et l’analyse montrent qu'il y a une augmentation sur le resultant d'apprentissage en utilisant le site youtube "Emel Sur" comme support d'apprentissage.  Le score moyen du prétest était de  61,82 et celui du post-test était de 83,85. Cela signifie que le site Youtube “Email Sur” est efficace à augmenter la competence de la production d’un essai descriptive des élèves.

 

Mots clés:écriture descriptive, le media d'apprentissage du site youtube”emel sur”,resultants d'apprentissage.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan situs youtubeEmel Sur” dalam meningkatan keterampilan menulis deskripsi bahasa Prancis.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMAN 16 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest -posttest. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 16 Bandar Lampung, sedangkan sampel penelitian adalah X MIA 1 yang berjumlah 32 siswa.   Instrumen utama yang digunakan adalah tes essai.  Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan situs youtubeEmel Sur” sebagai media pembelajaran dengan rata-rata nilai pretest 61,82 dan postest 83,85. Hal ini berarti bahwa situs Youtube “Emel Sur” efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis deskriptif siswa.

Kata kunci :menulis deskripsi, media pembelajaran situs youtubeemel sur”, hasil pembelajaran.

DOI : 10.23960/pranala.v04.i2.2021.04


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. PT Asdi Mahasatya, Jakarta. 370 hlm.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pebelajarn. Rajawali Pers, Jakarta.192 hlm.

Darmayanti, Ida Ayu Made. 2018. Pemanfaatan Media Youtube Berita Pendidikan dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak ( Jurnal ). Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja. 239 hlm. (Online), https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/download/1905/1063/3324, diakses 19 September 2018.

Dewi, Lentina Citra. 2018. Model Round Dalam Karangan Deskripsi Bahasa Prancis Siswa Kelas XI IPA di SMA N 16 Bandar Lampung (Skripsi). Universitas Lampung. 12 hlm.

Faiqah, Fatty, dkk. 2016. Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makasar Vidgram (Jurnal). Universitas Hasanuddin. 14 hlm. (Online), https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9276#:~:text=Hasil%20penelitian%20menggambarkan%20bahwa%20terdapat,kognitif%20pada%20anak%20usia%20dini, diakses tanggal 11 Juni 2017.

Hasanah, Anisatul Azizah. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table Pada Siswa Kelas X A SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.153 hlm.

Kiftiyah, Iva Nur, dkk. 2017. Peran Media Youtube Sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini (Jurnal ). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Kediri. 208 hlm. (Online),https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9276#:~:text=Hasil%20penelitian%20menggambarkan%20bahwa%20terdapat,kognitif%20pada%20anak%20usia%20dini, diakses 29 April 2017.

Lestari, Renda. 2017. Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris(Jurnal ). STKIP Muhammadiyah, Muara Bungo. 612 hlm. (Online), https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9566, diakses tanggal 8 tahun 2017.

Musaba, Zulkifli. 2018. Dasar – Dasar Keterampilan Menulis. Aswaja Pressindo. 188 hlm.

Setiyadi, Ag Bambang. 2006. Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif. Graha Ilmu, yogyakarta. 316 hlm.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Graha Ilmu,Yogyakarta. 172 hlm.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Bandung. 334 hlm.

Wahyuningsih, Rani Anggi. 2011. Efektifitas Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas X MAN 1 Yogakarta (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. 142 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats