Penggunaan Media Youtube dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Prancis bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kosakata bahasa Prancis siswa kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai yang diajar dengan menggunakan media youtube dan siswa yang diajar menggunakan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN1 Terusan Nunyai. 30 siswa pada kelompok eksperimen yaitu X MIA 4 dan 30 siswa pada kelompok kontrol yaitu X MIA 6. Variabel independen adalah penggunaan media youtube, sedangkan variabel dependen adalah peningkatan kosakata bahasa Prancis. Untuk menentukan sampel, teknik yang digunakan Simple Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t sebelum dilakukan uji-t diberikan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai uji-t dengan taraf signifikasi yang sama yaitu (0,000<0,05). Namun, dari hasil perhitungan efektifitas (N-Gain score), kelompok eksperimen mempunyai rata-rata sebesar 60,0287 (efektif) dan kelompok kontrol sebesar 23,5723 9 (tidak efektif). Hasil tersebut diartikan penggunaan media youtube dapat meningkatkan kosakata bahasa Prancis siswa kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai.
Kata kunci: media youtube, kosakata, bahasa prancis
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Wulan. 2013. Kohesi leksikal pada iklan komersial berbahasa prancis. Semarang Universitas Negeri Semarang.
Arwecendo, M. (2019). Aplikasi Luvlinguadalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas XI SMK Kridawisata Bandarlampung.PRANALA:Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis, Vol.1. Lampung: Universitas Lampung.
Cuq, Jean Pierre dans Isabelle Gruca. 2002. Cours de didactique du francaislangue etrangere et second. Grenoble: Presses Universitaires de Grenoble.
Ruhiyat, Yayat. 2012. Efektivitas penggunaan media film youtube untuk meningkatkan penguasaan listening skills pada mata pelajaran bahasa inggris. Garut: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sari, Pusvyta. 2019. Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Lamongan: Institut Pesantren Sunan Drajat.
Snelson, C.2011. Youtube across the Disciplines: A Review of Literrature. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching Vol. 7, N. 1. Diakses 6 Agustus 2020.
Suranigtyas, A.P. 2013. Hubungan antara penguasaan kosakata bahasa prancis dan kemampuan berbicara bahasa prancis pada kelas XII pariwisata SMKN 6 dan SMKN 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryaman, M. 2013. Penggunaan youtube sebagai media pengajaran bahasa dan sastra indonesia pada kurikulum 2013. (https://sites.google.com/site/lamaneducasimaman/artikel/penggunaanyoutube-sebagai-media-pengajaran-bahasa-dan-sastra-indonesia-pada-kurikulum-2013), Diakses 19 Januari 2020.
Tagliante, Christine. 1994. La classe de langue. Paris: CLE International.
Widya, Candra. 2017. Tanggapan siswa kelas vii terhadap penggunaan media pembelajaran pendidikan di smp negeri 2 pleret. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License