Model Le Boule de Neige dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Kelas X SMAN 9 Bandar Lampung
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan prestasi belajar kemampuan berbicara bahasa Prancis siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandarlampung menggunakan model pembelajaran le boule de neige, dan (2) untuk mengetahui aspek berbicara apa yang paling tinggi apabila diajar dengan menggunakan model pembelajaan le boule de neige. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 9 Bandarlampung yang berjumlah 97 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh kelas X IPA 5 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran le boule de neige dapat meningkatkan hasil pembelajaran kemampuan berbicara. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pretest dan posttest, rata-rata nilai kemampuan berbicara siswa pada saat pretest 59,22581 dan posttest 76. Siswa mengalami peningkatan sebesar 29,88. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji N-gain dengan rata-rata nilai sebesar 0,391 dan uji-t dengan nilai signifikasi (0,000 < 0,05. Diiringi dengan meningkatnya hasil belajar, aspek penilaian grammaire meningkat berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai N-gain 0,709677.
Kata kunci: Kemampuan Berbicara, le boule de neige, Model Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2013. Model Model,Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ambarsari, Dias. 2013. Pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi. Jurnal Online FKIP Universitas Lampung Vol 2, No 1 (2013) tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2717/1703 Diakses pada tanggal 17 oktober 2018.
Imas Kurniasih Dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Nurfitri,Ananingsih.2014.Keefektifan Penggunaan Metode Snowball Throwing Dalam Pem-belajaran Gramatik Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas Xi SMA Negeri 1 Seyegan Sleman. Skripsi.Yogyakarta:Universitas Negeri: Yogyakarta
Jaedun, Amat (20 – 23 Juni 2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Diunduh dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/drs-amat-jaedun-mpd/metode-penelitian-eksperimen.pdf pada tanggal 8 Januari 2018.
Priastiani, Henni. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Menggunakan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sanden.Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Solikan.2011. Pengertian Dan Hubungan Antara Tes, Pengukuran, Dan Evaluasi. Jurnal Online Universitas Airlangga tersedia di http://skp.unair.ac.id/repository/GuruIndonesia/PENGERTIANDANHUBUN_Solikan_16692.pdf, (Diakses pada tanggal 17 oktober 2018)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung : Angkasa.
Wimeta, Islam. 2018. Makna Metedologi dalam Penelitian. Online tersedia http://eprints.umsida.ac.id/1518/1/MAKNAMETODOLOGIDALAMPENELITIAN%20baru%20bikin.pdf, Diakses pada tanggal 17 oktober 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License