Situs Le Point du FLE untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Surat Pribadi Siswa SMAN 9 Bandarlampung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat pribadi bahasa Prancis dengan memanfaatkan situs Le Point du FLE pada siswa kelas XI SMAN 9 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Selanjutnya, populasi penelitian ini berjumlah 61 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes essai. Kemudian teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil pretest diperoleh rerata nilai sebesar 50,1563, dan nilai berkategori kurang. Sedangkan hasil posttest diperoleh rerata nilai sebesar 77,0313, dan nilai tersebut berkategori sedang. Dari hasil kedua tes tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA yang diajar dengan menggunakan media situs Le Point du FLE. Hasil perhitungan uji-t menghasilkan nilai (Sig. 2-tailed) ≤ 0,05 yaitu 0,000 ≤ 0,05, maka Ha diterima. Dengan demikian, hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa media situs Le Point du FLE secara signifikansi dapat meningkatkan pembelajaran menulis surat pribadi bahasa Prancis pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Bandarlampung.
Kata Kunci: menulis, surat pribadi, Le Point du FLE
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dalman. 2016. eterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers
Hadijah, H.K. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IV SD Inpres Randomayang Melalui Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Vol. 5 No. 7. Jurnal kreatif tadaluko
Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kusaeri & Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Ruko Jambusari
Månsson, Sarah. 2017. Digitalisering I Fransk Grammati- kundervisning I Moderna Språk. Swedia: Högskolan Dalarna. Diakses pada tanggal 5 Januari 2018.
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta
Nurgiyantoro, 2004. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press
Putri, Utami Garmila. 2015. Penggunaan Media Audio dalam Situs http://Podcast- français facile.com/ untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Menulis Kalimat Langsung dan Tidak Langsung (Le Dis- cours Direct-Indirect). (online), diakses pada tanggal 22 Januari 2018
Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Weinachter, Hélène. 2002. Le Point du FLE. (online), (www.lepointdufle.com), diakses pada tanggal 5 Januari 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License