MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 SIMPANG PEMATANG
Abstract
The purpose of this research was to find out the effectiviness of Co-op Co-op teaching model in learning history at X grade students of SMA N 1 Simpang Pematang. The method of this research was qualitative research method. The data collecting technique was using observation, documentation and questionnaire. Whereas, to analyze the data the researcher used descriptive quantitative. Based on the result of this research, it can be concluded that there was a strong effectiveness of Co-op Co-op teaching model in learning history at X grade students of SMA N 1 Simpang Pematang in academic year 2014/2015.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Co-op Co-op dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XSMA N 1 Simpang Pematang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner sedangkan untuk menganalisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pembahasandapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran Co-op Co-op pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA N 1 Simpang Pematang tahun pelajaran 2014/2015 dikatakan kuat/efektif.
Kata kunci : co-op co-op, efektifitas pembelajaran, pembelajaran sejarah
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Iskandar.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial kuantitatif dan kualitatif. Jakarta : Gaung Persada Press
Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Penerbit Alfabeta
Slavin, Robert E. 2005.Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta Bandung
Sukardi.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara. Hlm. 157
Suryo, Djoko. 1991. Karakteristik Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Aditya Media
Wahab, Abdul Aziz. 2012. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta. Hlm. 53
Refbacks
- There are currently no refbacks.