TINJAUAN HISTORIS AGRESI MILITER I DI SUMATERA TIMUR TAHUN 1947

Anita Rahmawati, Syaiful M, Muhammad Basri

Abstract


The research destination was knowing to attack of  Dutch fromfirst military aggression in East Sumatera in 1947. This research use history method. The research use literature techniques of collection with documentary, whereasanalysistechniqueseusequalitative analysis. According of the result this research Dutch business back to take Indonesian with three ways of take a line in the land, air and sea. In attack of land Dutch attack to all Medan area line with purpose able indonesian will line a control. Attack of air do in Pancur Batu and Binjai have purpose to make difficult and determine traffic, all effort attack of Dutch, they can make conclusions that Dutch purpose to environ and cornering Indonesian line a control.

 

Tujuan penelitiaan ini untuk mengetahui proses serangan Belanda pada Agresi Militer I Di Sumatera Timur Tahun 1947. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kepustakaan serta dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, usaha Belandauntuk menduduki kembali wilayah Indonesia dilakukan dengan melakukan serangkaian serangan melalui tiga jalur serangan yaitu darat, udara serta laut. Pada serangan darat Belanda melakukan serangan ke seluruh wilayah Medan Areadengan tujuan untuk menyudutkan pihak Indonesia pada wilayah yang akan dikuasai. Serangan udara dilakukan di Pancur Batu dan Binjai dengan tujuan untuk mempersulit danmemutuskan hubungan lalu lintas, semua usaha serangan Belanda dapat disimpulkan bahwa Belanda bertujuan untuk mengepung dan  menyudutkan pihak Indonesia pada wilayah yang akan dikuasai.

 

Kata kunci : agresi militer, medan area, sumatera timur

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Sabaruddin. 1994. Sejarah Perkembangan Pemerintahan Propinsi Daerah Tingkat I Sumatera Utara. Sumatera Utara: Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I Sumatera Utara.

Depdikbud RI. 1977. Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah Sumatera Utara. Jakarta: Depdikbud RI.

Dinas Sejarah Kodam II Bukit Barisan. 1984. Sejarah Perang Kemerdekaan Di Sumatera 1945-1950. Medan: Dinas Sejarah KODAM II/Bukit Barisan.

Hasan, Alwi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Napitulu, S.P. 1991. Sejarah perlawanan terhadap Kolonialisme dan Imperialisme di Sumatera Utara. Jakarta: Depdikbud RI.

Nasution, A.H. 1977. Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia. Bandung: Angkasa.

Perlmutter, Amos. 2000. Militer dan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Xarim, Masyhudulhaq. 1976.Medan Area Mengisi Proklamasi. Medan: Biro Sejarah Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.