PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LC7E TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH

Sylvia Farantika, Iskandar Syah, Maskun Maskun

Abstract


The purpose of this study was to determine whether the use of learning models learning cycle 7e has a significant effect in improving students' understanding of history learning materials in Trisukses Natar high school class X. The study design was a pretest-posttest control group design. The study population was students of class X 2013/2014 school year, amounting to 205 people. Samples were taken by using purposive sampling technique. Based on the research, it was concluded that there is a significant effect of the use of models of learning cycle 7e on students' understanding of history learning materials in class X SMA Trisukses Natar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran sejarah kelas X di SMA Trisukses Natar. Desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 205 orang. Sampel diambil menggunakan teknik sampling purposive. Berdasarkan penelitian disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model learning cycle 7e terhadap pemahaman siswa dalam materi Pembelajaran Sejarah kelas X SMA Trisukses Natar.

Kata kunci : learning cycle 7e, pemahaman materi, pembelajaran sejarah.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi VI. Jakarta : Bina Aksara.

Bahri. 2008. Keterkaitan antara Fakta Konsep dan Generalisasi dalam Pembeljaaran IPS SD 2. http://phierda.wordpress.com.

Fajaroh.2008. Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Diakses pada tanggal 29 Mei 2013 pukul 18.50 wib. http://wytr33.wordpress.com.

Ischak. 2004. Materi Ukg 2013 Fakta Konsep. Dalam http://sdnbanyubiru1.blogspot.com.

Isjoni. 2007. Pembelajaran Terkini Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

J.S Badudu dan Zain, Sultan Mohammas. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Kochhar.S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah Teaching of History.Terjemahan purwanto dan yovita Hardiah. Jakarta: PT.Grasindo.

Mulyatiningsih, Endang. 2012.Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.