PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN MODEL ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Nofria Yuliyanti, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this research is to know is there any significant influence of the implementation of organizing learning strategy elaboration model toward students’ cognitive learning results in eight grades of IPS at MTsN 2 Bandar Lampung TP 2013/2014. In this research, the writer use quasi-experiment method. Data collecting technique was using observation, test, documentation and literature. The results showed that there is a  significant influence of the implementation of organizing learning strategy elaboration model toward students’ cognitive learning results in eight grade of IPS at MTs N 2 Bandar Lampung TP 2013/2014, with  tcount2, 93> ttable2, 0244 from the test result taken,  H0 is rejected, with a significant level r = 0,40 which when interpreted using the correlation coefficient measurement table means that a significant level achieved enough.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penerapan strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII  MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen di mana teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari penerapaan strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasiterhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII  MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014, dengan diketahui thitung 2,93> ttabel 2,0244 dari hasil tersebut keputusan uji yang diambil yaitu H0  ditolak, dengan taraf signifikan r = 0,40 artinya taraf signifikan yang dicapai cukup.

 

Kata kunci : model elaborasi, pembelajaran IPS, strategi pengorganisasian.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basri, Muhamad. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandar Lampung: Unila.

Jihad, Asep. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Misbahuddin. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudjiono dan Damayanti. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Nurochim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. PT.Tarsito: Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Uno, B. Hamzah. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif & Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, B. Hamzah. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.