PERKAWINAN BEDA KASTA PADA MASYARAKAT BALINURAGA DI LAMPUNG SELATAN

Ketut Leni Yanti, Suparman Arif, Ali Imron

Abstract


The Balinese Hindu religion in general, in marriage with the people of Bali are expected to marry same caste. In the village marriage Balinuraga occur with different caste. The problems of the study are: what are the factors that cause the occurrence of different caste marriage on the people of Bali in Balinuraga village Way Panji district South Lampung? The purpose of this study is to find out the factors that cause the occurrence of different caste marriage on the people of Bali in Balinuraga. Data collection techniques uses in this study are observation, interview and documentation. The method use is this study is functional method. The result of this study is research of the factors that cause the occurrence of different caste marriage, that is: intern factor and external factor.

Masyarakat Bali pada umumnya beragama Hindu, dalam perkawinan Masyarakat Bali diharapkan menikah dengan kasta yang sama. Di desa Balinuraga terjadi perkawinan dengan kasta yang berbeda.Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah faktor-faktor penyebab terjadinya perkawinan beda kasta pada masyarakat Bali di Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perkawinan beda kasta pada Masyarakat Bali di Desa Balinuraga.Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode fungsional. Hasil dari penelitian Faktor-faktor penyebab terjadinya perkawinan beda kasta, yaitu Faktor intern yang meliputi cara berfikir, pendidikan dan kedua belah pihak saling mencintai. dan Faktor ekstern yang meliputi pengaruh lingkungan, keterbukaan masyarakat dan perkembangan zaman.

Kata kunci : balinuraga, masyarakat bali, perkawinan


Full Text:

PDF

References


Anak Agung, Gde Ika. 1987. Tuntunan Dasa Agama Hindu. Jakarta: Hanoman Sakti.

Darmika, Ida Bagus. 1982. Arti Lambang dan Fungsi Tatarias Pengantin Dalam Menanamkan Nilai-nilai Budaya Propinsi Bali. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hadari, Nawawi. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Universitas Gadjah Mada.

Koentjaraningrat.2004. Manusia dan Kebudayaan Di Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Rai Wardana, Ida Bagus. 1998. Pelajaran Agama Hindu. Jakarta: Hanuman Sakti.

Suwardi, Endraswara. 2003. Metodelogi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Caps.

S, Nasution. 1996. Metodelogi Riseach. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.