IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
Abstract
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang menetapkan bahwasannya hanya tiga komponen utama yang mesti ada dalam guru menyusun RPP Merdeka Belajar yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen atau penilaian. Maka guru sejarah di SMA Negeri 1 Tumijajar dalam menyusun RPP Merdeka Belajar sudah mengimplementasikan tiga komponen utama tersebut dalam menyusun RPP Merdeka Belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP Merdeka Belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tumijajar sudah diimplementasikan. Walaupun dalam pengimplementasiannya masih belum sempurna.
Kata kunci: Implementasi, RPP Merdeka Belajar, SMA Negeri 1 Tumijajar
The Minister of Education and Culture, Nadiem Makarim, stipulates that there are only three main components that must be present in the teacher preparing the RPP for Merdeka Learning, namely learning objectives, learning activities, and assessment or assessment. So the history teacher at SMA Negeri 1 Tumijajar in compiling the RPP Merdeka Learning has implemented the three main components in compiling the RPP Merdeka Learning. The formulation of the problem in this study is "How is the Implementation of the Free Learning Implementation Plan (RPP) in History Subjects at SMA Negeri 1 Tumijajar, Tulang Bawang Barat Regency?". The purpose of this study was to determine the implementation of the Independent Learning Implementation Plan (RPP) in History Subject at SMA Negeri 1 Tumijajar, Tulang Bawang Barat Regency. The method used in this research is descriptive qualitative research method using data collection techniques, namely interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is qualitative data analysis technique. The results showed that the RPP Merdeka Learning in history subjects at SMA Negeri 1 Tumijajar had been implemented. Although the implementation is still not perfect.
Keywords: Implementation, RPP Free to Learn, Senior High School 1 Tumijajar
Full Text:
PDFReferences
Buku:
Ginting. E. & Permana. Y. (2018). Penilaian Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Kunandar. (2007). Guru professional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jurnal Ilmiah:
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lantanida. 4 (1).
Azizah. F. N. (2018). Kendala Guru PPKN dalam Menyusun Tujuan Pembelajaran Pada RPP Di SMP Negeri 8 Surakarta. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PPKN.
Jannah, M. dkk. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan. Journal Primary Education. 2 (1).
Purwaningsih, S. (2012). Model Pengelolaan Administrasi Sekolah Berbasis SIM Paket Aplikasi Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Pendidikan. Journal of Economic Education. 1 (1).
Suwandayani. B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. Jurnal ELSE. 2 (1).
Suwija, I. K. & Atmaja I. M. D. (2021). Analisis Penerapan RPP Satu Halaman Dalam Konteks Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika. 1 (1).
Tabi’in, S. (2016). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada MTSN Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Al-Thariqah. 1 (2).
Triyudi, O. dan Giatman, M. (2020). Persepsi Guru SMK Di Kota Padang Terhadap RPP Satu Halaman. Jurnal Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. 1 (3).
Usman dkk. (2017). Analisis Kesesuaian RPP Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Of Innovative Science Education. 6 (2).
Internet:
https://referensi.data.kemdikbud.go.id/, diakses pada 20 Oktober 2021 pukul 14.09
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.