Pengaruh Kemampuan Berdiskusi dalam pembelajaran Model Debate Terhadap Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
The purpose of this study was to determine the positive and significant influence of the ability to discuss in the learning model debate on the ability to speak in the History of Class XI IPS students of SMAN 13 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019. Chi Squared statistical data analysis technique. The results of the analysis of the research data showed that hit_hit ^ 2> χ_table ^ 2 (40.3> 16.92), the significance level of 5% (α 0.05) at d.b = 9, thus Ho was rejected and H1 was accepted. This means that, there is a positive and significant influence of the ability to discuss in the learning model debate on the ability to speak in the History of Class XI IPS students of SMAN 13 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan berdiskusi dalam pembelajaran model debate terhadap kemampuan berbicara pada Mata Pelajaran Sejarah siswa Kelas XI IPS SMAN 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis data statistic parameterik Chi Kuadrat. Hasil analisis data penelitian didapatkan, bahwa > (40,3>16,92), taraf signifikansi 5% (α 0,05) pada d.b = 9, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa, terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan berdiskusi dalam pembelajaran model debate terhadap kemampuan berbicara pada Mata Pelajaran Sejarah siswa Kelas XI IPS SMAN 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci:kemampuan berbicara, kemampuan berdiskusi, pembelajaran model debate
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bima, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiono. (2010). Metodologi Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta
Unila. (2016). Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung Tahun 2016. Lampung: Universitas Lampung.
Wena. (2010). Buku Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.