Pengaruh Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI
Abstract
The purpose of the study was to determine the effect of student independence on student learning outcomes in the history of class XI IIS 2 in Kotagajah 1 Public High School year 2018/2019. The type of this research use in this study is a qualitative descriptive field research. The method used in data collection is the method of observation, interviews, and documentation. Based on the data analysis, it can be concluded that there is an influence between students' independence on student learning outcomes. The influence of this student independence provides good benefits in improving student learning outcomes which means that the more optimal the independence of students in learning, the better in improving learning outcomes.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian Siswa terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Kotagajah Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi,wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa.Pengaruh kemandirian siswaini memberikan manfaat yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang berarti semakin maksimal kemandirian siswa dalam belajar rmaka akan semakin baik dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: hasil belajar, kemandirian, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Ambarjaya, S. Beni. 2012. Psikologi Pendidikan dan Pengajaran Teori Praktik. Yogyakarta: Caps.
Amiruddin. 2013. Perencanaan Pembelajaran (Konsep dan Implementasi). Yogyakarta: Parama Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta.
Hadi, Sutrisno. 2010. Metodologi Research Jilid I & II. Yogyakarta: Andi Offset.
Nasution.1996. Metode Penelitian Kualitatif Naturalistik. Jakarta: Sinar Grafika.
Nawawi, Hadari. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Press.
Ridwan. M. B. A. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukandi, Ujang. 2003. Belajar Aktifdan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.