Hubungan antara Penggunaan Model Problem Posing pada Aspek Kemandirian dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Andre Mustofa Meihan, Muhammad Basri, Suparman Arif

Abstract


The objective of this research was to investigate whether "there is a correlation between the use of problem posing learning model in terms of independence aspect with the students' critical thinking skills in History subject at grade XI IPS of SMAN 1 Gedong Tataan in the academic year 2018/2019". The method of this research was Pre-Experimental Design. One-Shot Case Study was used as the design of this research. The data was analyzed by using Jaspen's (M) coefficient correlation formula. The result showed that the value of coefficient correlation was 0,51. Based on the table of correlation interpretations, the strength correlation with the coefficient correlation Jaspen's (M) 0,51 was in average category. Therefore, it can be concluded that there is a correlation between the use of problem posing learning model in terms of independence aspect with students' critical thinking skills in History subject at grade XI IPS of SMAN 1 Gedong Tataan in the academic year 2018/2019.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Apakah ada hubungan antara penggunaan model pembelajaran Problem Posing pada aspek kemandirian dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Ajaran 2018/2019”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Eksperimental Design dengan desain penelitian  menggunakan One-Shot Case Studi. Teknik analisis data menggunakan rumus koefisien korelasi Jaspen’s (M). Hasil penelitian menunjukan nilai Koefisien Korelasi Jaspen’s (M) adalah 0,51. Berdasarkan tabel interpretasi korelasi, nilai koefisien korelasi Jaspen’s sebesar 0,51 termasuk dalam kategori kekuatan hubungan cukup berarti atau sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan, ada hubungan antara penggunaan model pembelajaran Problem Posing pada aspek kemandirian dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata kunci: berpikir kritis, hubungan, kemandirian, problem posing


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Angelo, T. A., Cross, K.P. 1993. Classroom Assessment Techniques: A Handbook For College Teachers. San francisco: Jossey-Bass.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Madsidjo, 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakrta: Kanisius.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ormrod, J. E. 2009. Eduction Psychology, Developing learners. Ohio: Carlisle Communication, Ltd.

S. Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Thobroni, M dan Arif Mustofa. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.