Hubungan Perhatian Siswa dalam Proses Belajar Mengajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah

Muhammad Rinaldy, Ali Imron, Henry Susanto

Abstract


The purpose of this study is to determine whether or not the relationship of student attention in teaching and learning process with learning outcomes on the history lesson. The method used is quantitative method with data collection technique that is questioner, observation, interview and documentation. Data analysis technique in this research is quantitative data analysis with hypothesis test using Jaspen's Coefficient Correlation. The results showed that rcount=0.8143 bigger than rtable = 0,2732 which mean existence of relation between student attention in teaching and learning process with result of learning at history lesson.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan perhatian siswa dalam proses belajar mengajar dengan hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan Koefisien Korelasi Jaspen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung= 0,8143 lebih besar dari rtabel= 0,2732 yang berarti adanya hubungan antara perhatian siswa dalam proses belajar mengajar dengan hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah.

Kata Kunci: hasil belajar, perhatian siswa, proses belajar mengajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadis, Abdul. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metodologi penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman Uzer, Moh. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.